20/04/2024 14:56
FOKUS MEDAN

Polsek Patumbak Dukung Pembentukan Kampung Harapan

Fokusmedan.com : Polsek Patumbak bersama pihak Koramil dan Camat setempat melakukan rapat terpadu dalam pembentukan ‘Kampung Harapan’, bertempat di Kantor Camat Medan Amplas, Senin (25/1/2021).

Dalam rapat tersebut, disepakati pembentukan Kampung Harapan akan berada di Jalan Turi Ujung, Kecamatan Medan Amplas. Pihak perusahaan juga sepakat untuk membantu masyarakat dalam bentuk material dalam pembangunan.

Kapolsek Patumbak, Kompol Arfin Fachreza mengatakan, pihaknya mendukung pembentukan Kampung Harapan dan ini merupakan program Pemerintah untuk mencapai kemandirian desa/kelurahan di lokasi tertentu.

“Tujuannya untuk mencapai kemandirian desa/kelurahan dengan melibatkan peran serta masyarakat. Sehingga diharapkan ke depan tidak banyak terlalu bergantung kepada pemerintah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, program dibentuknya ‘Kampung Harapan’ bukan membuat masyarakat tidak bergantung lagi kepada pemerintah, atau tidak memerlukan polisi lagi dalam penindakan hukum.

“Bukan seperti itu. Intinya diharapkan masyarakat lebih mandiri, semisal bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan punya penghasilan sendiri,” jelasnya.

Dengan kemandirian warga di desa atau kelurahan, lanjutnya, maka secara otomatis tingkat kriminalitas bisa ditekan. Sebab, dengan adanya lapangan pekerjaan baru dan telah memiliki penghasilan sendiri, paling tidak para pemuda akan mengurungkan niat untuk melakukan perbuatan melanggar hukum.

“Dalam hal ini pemerintah hanya memberikan stimulus. Kita bersama tiga pilar dalam melakukan rapat tadi,” sebutnya.

Menyikapi dibentuknya Kampung Harapan, Sugino (48) seorang warga Jalan Garu VII Kecamatan Medan Amplas menyambut baik hal twrsebut. Pria ini menilai, jika benar-benar dijalankan program ini ke depan bakal dapat menampung pemuda-pemudi yang selama ini tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Semoga secepatnya dibentuk dan ini akan membawa pengaruh positif. Jika para pemuda memiliki pekerjaan, niat untuk melakukan tindakan kriminal pun pasti berkurang,” pungkasnya.(lia)