20/04/2024 16:49
EKONOMI & BISNIS

IHSG Minus dan Rupiah Naik, Bayang-Bayang Koreksi Masih Terlihat

Fokusmedan.com : IHSG kembali ditutup melemah pada sesi perdagangan hari ini, anjlok 0.77% di level 6.258,57. IHSG mencapai posisi tertinggi hanya saat di pembukaan perdagangan saja.

IHSG bahkan sempat menyentuh level terendahnya di 6.148 meskipun IHSG sempat mampu berbalik dan mengurangi kerugiannya.

Menurut Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, kinerja pasar saham yang diwarnai aksi jual tidak terlepas dipicu oleh banyak faktor. Namun sejumlah faktor tersebut masih didominasi oleh sikap pesimis akan pemulihan ekonomi dalam waktu dekat.

“Hal itu yang menjadi masalah mendasar yang membuat pasar keuangan sulit bisa diharapkan untuk pulih,” ujar Gunawan Benjamin, Senin (25/1/2021).

Harapan selanjutnya adalah kemampuan dunia dalam menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi. Jika kedepan banyak negara yang berani membuka kembali aktivitas ekonominya maka besar kemungkinan pelaku pasar akan lebih optimis dalam melihat kinerja pasar keuangan di masa yang akan datang dan hal inilah yang menjadi fokus perhatian dalam waktu dekat.

Tetapi berkaca kepada situasi sekarang, kata dia, maka tekanan masih akan terus berlanjut. IHSG berada di zona hijau lebih banyak mengharapkan adanya pembalikan arah secara teknikal, selebihnyaakan lebih banyak melihat potensi tekanan dalam waktu dekat.

Berbeda dengan kinerja IHSG, Rupiah justru mampu di tututup di zona hijau setelah sempat bertahan lama di zona merah. Rupiah ditutup menguat di level 14.022 per US Dolar.(ng)