20/04/2024 17:42
EKONOMI & BISNIS

Harga CPO Turun Lagi, Fakta Pahit Buat Petani

Fokusmedan.com : Harga CPO belakangan ini terus membentuk tren turun. Jika sepekan yang lalu CPO masih mampu bertengger di angka 3.400-an ringgit per ton, saat ini harganya anjlok mendekati 3.200 ringgit per tonnya.

Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan Benjamin mengatakan, pemicu pelemahan harga CPO datang dari ekspektasi konsumsi yang menurun. Seiring lockdown yang diberlakukan pada banyak negara khususnya di China.

P”enurunan harga CPO ini nantinya akan menghantam harga TBS di tingkat petani. Jadi petani sawit diharapkan bersiap untuk melihat benturan harga TBS yang akan direvisi kea rah yang lebih rendah dan tentunya penurunan tersebut akan merugikan banyak petani kita,” kata Gunawan Benjamin, Jumat (22/1/2021).

Padahal di bulan Januari ini, lanjutnya, harga CPO sempat naik medekati 4.000 ringgit per ton. Namun apa mau dikata, penyebaran Covid-19 yang kian ganas menjadi pemicu penurunan konsumsi CPO tersebut.

“Saya menilai, CPO masih akan berpeluang untuk turun kembali hingga perayaan tahun baru China usai nantinya,” ujarnya.

Bulan depan akan ada libur panjang di China. Namun yang dikhawatirkan adalah saat liburan justru Covid-19 berpeluang untuk kembali memakan banyak korban jiwa. Menurutnya, hingga Maret justru melihat potensi harga CPO akan berada dalam titik kritis dan trennya akan turun. Ini yang harus menjadi catatan bagi semua.

Walau demikian, ia berharap harga CPO bisa bertahan di atas 3.000 ringgit per tonnya. Hal yang memungkinkan terjadinya kenaikan harga lanjutan adalah faktor cuaca.

Cuaca yang kurang begitu mendukung produktifitas tanaman sawit justru akan membuat harganya naik. Akan tetapi kenaikannya juga harus dikompensasi dengan penurunan omset dari sisi kuantitas.

Dan yang paling penting adalah. Adanya ekspektasi pada pemulihan ekonomi dunia. Sejauh ini ekspektasi awal bahwa tahun 2021 akan adanya pemulihan dan ekonomi global bisa tumbuh positif.

“Namun belakangan terus direvisi dengan angka yang lebih rendah. Ini juga bisa membuat harga CPO susah untuk naik nantinya,” pungkasnya.(ng)