20/04/2024 11:29
FOKUS MEDAN

Malam-malam, Kantor Biro Penerimaan Buruh di Perumnas Mandala Didemo Seratusan Orang

Seratusan orang mendatangi sebuah rumah di Jalan Seriti Perumnas Mandala. Ist

Fokusmedan.com : Sebuah kantor biro penerimaan karyawan buruh pabrik yang berada di Jalan Seriti I Perumnas Mandala didemo seratusan orang, Rabu (20/1/2021) malam.

Informasi dihimpun wartawan, para pendemo yang datang pada malam hari ini berasal dari Kota Sibolga, Taput, Kota Siantar, Kota Tebingtinggi, Deliserdang dan daerah lainnya. Tak ayal kedatangan mereka mengejutkan warga sekitar.

Seratusan korban memberitahukan pada warga bahwa mereka sudah memasukkan lamaran ke biro dengan membayar uang Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta, dan nantinya akan diperkerjakan di pabrik. Diungkapkan korban bahwa korban lainnya mencapai seribuan orang.

Baca Juga : Perampok Dalam Angkot Dibekuk Polisi di Amplas

Namun sudah beberapa bulan uang diserahkan, ternyata para korban tak kunjung dipanggil bekerja. Korban juga menyebutkan bahwa pabrik yang tertera di kontrak kerja tidak sesuai dan tidak jelas keberadaannya dimana.

Namun hanya seratusan korban yang mengetahui lokasi biro yang baru beberapa bulan di Jalan Seriti I ini sehingga datang ke lokasi untuk menuntut hak mereka.

Usai mendengar laporan para korban yang rata-rata usianya masih muda, korban dibantu warga langsung mengamankan 5 orang pekerja biro. Korban yang kesal berusaha menghakimi kelimanya serta menuntut balik uang mereka.

Personel Polsek Percut Sei Tuan yang mendapat informasi ini seketika turun ke lokasi kejadian untuk menenangkan situasi. Seluruh korban diarahkan untuk membuat laporan ke Polsek. Sementara 5 pekerja biro juga diboyong ke kantor polisi guna diperiksa lebih lanjut.

Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Ricky Pripurna Atmaja mengatakan jika pihaknya membawa 5 pekerja biro untul diperiksa.

“Dari lokasi kita juga mengamankan komputer dan spanduk biro. Para korban juga kita arahkan untuk membuat laporan terkait dugaan penipuan ini,” tukasnya.

(Rio)