Tenaga Kesehatan di RSUP Haji Adam Malik Disuntik Vaksin Covid-19

Salah seorang tenaga kesehatan di RSUP Adam Malik divaksin Covid-19. Ist

Fokusmedan.com : Proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, mulai berlangsung, Selasa (19/1/2021) hari ini.

Direktur Umum RSUP Haji Adam Malik, Zainal Safri mengatakan sebanyak 1.719 tenaga kesehatan yang bertugas di RSUP Haji Adam Malik akan mulai divaksin Covid-19. Sementara 300 orang lainnya tenaga kesehatan dari luar RSUP Adam Malik ikut disuntik vaksin Sinovac.

Baca Juga : Usai Disuntik Vaksin Covid-19, 8 Nakes di Jateng Alami KIPI Ringan

“Jadi ada sekitar 2.000 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin Covid-19 di sini,” kata Zainal, Selasa (19/1/2021).

Khusus di hari pertama, penyuntikan vaksin Sinovac buatan China tersebut akan diberikan kepada 48 orang tanga medis. Jumlah ini berkurang dari rencana awal yakni sebanyak 52 orang tenaga kesehatan.

“Empat orang yang batal disuntik karena dua terserang Covid-19, satu orang sedang menunggu hasil swab PCR, dan satu lainnya berhalangan,” kata Zainal.

Dia menuturkan proses penyuntikan vaksin Sinovac akan dilakukan oleh dua orang vaksinator di RSUP Adam Malik. Mereka akan melayani 60 orang tenaga kesehatanya yang menerima vaksin Covid-19 setiap harinya.

“Kami mengalokasinya 60 tenaga kesehatanya yang divaksin setiap hari. Ini akan berlangsung sampai proses vaksinasi rampung,” ujarnya.

Terkait dengan tenaga kesehatan yang akan divaksin, Zainal mengatakan pihaknya akan membagi ke dalam tiga kelompok penerima vaksin. Dari ketiga kelompok, ada satu kelompok yang tidak akan disuntik vaksin Sinovac.

“Siapa saja yang tidak boleh divaksin akan ketahuan saat proses screening nantinya. Namun ini hanya sebagian kecil saja. Sementara satu kelompok lainnya yang memiliki penyakit asma dan sejenisnya akan divaksin di minggu ketiga atau keempat nantinya” ujarnya.

Zainal mengatakan saat ini pihaknya sudah mendapatkan jatah 4.000 vial vaksin Sinovac. Jumlah ini sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin di RSUP Adam Malik sebanyak 2.000 orang.

“Kami sudah stok sekitar 4.000 vial untuk proses vaksin Sinovac. Jadi proses vaksinasi kepada tenaga kesehatan tidak akan terganggu,” tandasnya.

(Rio)