Polda Sumut Panggil Rektor USU Runtung Sitepu Diduga Terkait Lahan Kampus II

Poldasu
Mapolda Sumut. Ist

Fokusmedan.com : Rekor Universitas Sumatera Utara (USU) rencananya akan dipanggil Polda Sumut, Selasa (19/1/2021) hari ini.

“Benar, hari ini ada kita panggil Runtung Sitepu oleh penyidik Tipikor Ditreskrimsus,” ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan.

Namun, ia tidak menjelaskan secara spesifik terkait apa pemanggilan yang dilakukan. Yang jelas, kata dia, hanya untuk klarifikasi.

Baca Juga : Cegah Covid-19, Polda Sumut Batasi Kegiatan Masyarakat Malam Hari

“Jadi masih untuk pengumpulan baket (bahan keterangan),” jelasnya.

MP Nainggolan mengaku, sejauh ini dirinya juga belum mengetahui apakah Runtung memenuhi pemanggilan yang dilayangkan.

“Pastinya (pemanggilan) karena ada laporan informasi dari masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Kombes Pol John Nababan, menuturkan pemanggilan terhadap terhadap Runtung bukan dalam rangka pemeriksaan.

“Kita undang dan panggil hari ini untuk memberikan klarifikasi,” sebutnya.

Disinggung mengenai klarifikasi terhadap Runtung Sitepu, John mengaku terkait adanya dugaan tindak pidana pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi pembangunan di Kwala Bekala Kampus II USU.

“Proyek pembangunan merupakan dari Pemprov Sumut. Pengerjaannya menggunakan anggaran Tahun 2017,” tandasnya.

Diketahui, lahan kampus yang bersumber dari hibah Pemprov Sumut telah diresmikan pada 2010 oleh Gubernur Sumut saat itu dijabat Syamsul Arifin.

Meski demikian, pembangunan kampus itu belum tuntas. Tetapi, kegiatan belajar mengajar masih dilakukan di Kampus USU yang berlokasi di Padang Bulan.

(Rio)