Setelah Perjalanan Jauh, Ini Cara Kembalikan Performa Motor

fokusmedan : Melakukan perjalanan jauh atau berpetualang mengendarai motor menjadi salah satu aktivitas yang banyak digemari para pecinta roda dua. Selain menantang dan menyenangkan, bahkan berkendara dengan motor juga dipercaya dapat menghilangkan tekana pikiran yang menghimpit alias stress.

Namun, ketika usai melakukan perjalanan bersama motor kesayangan dan tiba waktunya untuk kembali berkativitas seperti sedia kala, maka kesehatan tunggangan juga perlu menjadi perhatian. Karena tentunya banyak komponen motor yang perlu diperiksa ulang agar motor kembali prima.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, melakukan perjalanan dengan motor menjadi aktivitas yang membahagiakan. Namun sebagai pemilik motor, harus mengerti bahwa motor juga butuh perhatian khusus setelah perjalanan selesai. Menurutnya tidak perlu menjadi mekanik handal dalam merawat motor, namun cukup memiliki pemahaman sedikit tentang komponen dan cara pemeliharaannya untuk mengembalikan performa motor.

Berikut sejumlah tips sederhana dalam merawat motor dan mengembalikan performanya setelah perjalanan jauh.

Pertama, Periksa kembali kinerja rem depan dan rem belakang dan pastikan dalam kondisi baik untuk keamanan pengendara. Pengecekan rem sangat penting mengingat intensitas pengerema yang tinggi pada saat touring atau perjalanan jauh tentunya membuat rem cepat aus dan harus diganti dengan yang baru.

Kedua, kondisi rantai setelah perjalanan jauh juga membutuhkan perhatian khusus, karena biasanya aka nada kausan dan kotoran pada rantai. Sehingga sebaiknya rantai diperiksa, disetel dan dibersihkan kembali untuk memastikan sepeda motor dalam kondisi prima.

Ketiga, memastikan bahwa ketebalan ban masih dalam batas toleransi, apabila sudah melewati tanda batas keausan sebaiknya dilakukan penggantian untuk menjaga kestabilan mengemudi sepeda motor.
Keempat, memeriksa sistem kelistrikan pada motor, seperti lampu depan, lampu rem, lampu sign, dan pastikan semuanya berfungsi secara normal.

Kelima, Mengganti oli mesi setelah digunakan untuk berkendara jarak jauh merupakan salah satu hal penting yang dapat dilakukan untuk menjaga mesin motor tetap prima dan mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin lainnya.

“Honda berharap informasi ini dapat memberikan manfaat, sekaligus mengajak para pengguna motor untuk lebih aware akan pentingnya melakukan perawatan pada motor kesayangan. Selain itu, untuk memastikan kondisi motor dalam kondisi prima, maka selalu percayakan perawatan motor di AHASS, bersama ahlinya, “ ujar Erwin Chandra.(yaya)