Kombes Pol Valentina Alfa Tatareda Prioritaskan Arahan Kapolri

fokusmedan : Menjabat sebagai Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumut yang baru, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda akan memprioritaskan arahan Kapolri di era pandemi.

“Prioritas itu adalah dengan lebih mengedepankan keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalulintas,” sebutnya kepada wartawan, Kamis (14/1/2021).

Ia menambahkan, prioritas Kapolri wajib diimplementasikan ke dalam kegiatan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut.

“Misalnya saja, Operasi Ketupat yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Jika dulu kan lebih ke penindakan, namun di era pandemi saat ini lebih kepada mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar jika memang tidak perlu,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan mengintensifkan bidang rekayasa lalulintas jika memang diperlukan dalam suasana dan kondisi tertentu. Misal, belakangan ini sejumlah wilayah di Sumut kerap terjadi longsor yang mengakibatkan arus lalulintas tersendat.

“Selain melakukan rekayasa lalulintas, tentu saja kita akan berkordinasi dengan pihak terkait dan masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk bidang pelayanan SIM maupun hal lainnya juga akan dibuat pembatasan bagi pemohon.

“Jadi masyarakat yang diperbolehkan masuk hanya 50 persen serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan untuk aktivitas pelayanan di Ditlantas berjalan normal,” jelasnya.

Kendati begitu, Alumni Akpol 1994 yang berwajah ganteng ini memohon doa restu serta dukungan dari pihak media dalam menjalankan amanah sebagai Direktur Lalulintas Polda Sumut.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri,” tandasnya.(riz)