Asing Masuk, IHSG Turun 0,11%

fokusmedan : Kinerja bursa saham ditutup melemah tipis 0,11% di level 6.428,32. Sementara Rupiah stabil, dan hanya ditutup meguat 1 poin di level 14.059 per US Dolar.

Sepanjang perdagangan, Rupiah sempat melemah hingga mendekati level 14.100 per US Dolar. Sementara untuk IHSG, sempat berada di dua zona namun harus berakhir di teritori negatif.

Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin mengatakan, pasar saham kinerja indeks saham yang turun justru tidak sejalan dengan posisi asing yang membukukan posisi beli bersih Rp2,8 triliun. Asing yang biasanya jika masuk IHSG nya mengalami penguatan namun justru pada perdagangan hari ini sebaliknya terjadi koreksi tipis di tengah aksi beli asing tersebut.

“Kinerjanya tidak seperti biasanya. Secara teknikal memang koreksi pada IHSG sangat memungkinkan. Akan tetapi pelaku pasar juga tidak sepenuhnya melihat adanya tekananhebat yang bisa menekan kinerja IHSG karena sejauh ini banyak sentimen positif di pasar,” ujarnya, Kamis (14/1/2021).

Untuk Rupiah, kata dia, tekanan belakangan mereda. Akan tetapi Rupiah diyakini masih akan sulit untuk menguat di bawah 14.000 per US Dolar hingga perdagangan akhir pekan nantinya.

“Kondisi mata uang rupiah diperkirakan akan bergerak sideways dan berkonsolidasi di kisaran 14.000 hingga penutupan perdagangan akhir pekan ini,” tandasnya.(ng)