Vaksinasi Covid-19 Dimulai, IHSG dan Rupiah Tancap Gas

fokusmedan : Kinerja pasar keuangan pagi ini lagi-lagi akan banyak dimotori oleh sentimen positif. Dari dalam negeri, Presiden Jokowi yang dijadwalkan akan disuntik vaksin pada perdagangan hari ini menjadi kabar yang baik.

Sementara itu, sejumlah bursa global yang bergerak menguat meskipun terbatas, juga turut menjadi angin segar bagi perdagangan pasar keuangan secara menyeluruh.

Pada pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG dibuka menguat di level 6.439,93. IHSG mampu tancap gas dan menembus level psikologis 6.400.

Sementara itu, mata uang Rupiah juga dibuka menguat di level 14.090 per US dolar. Rupiah belakangan kinerjanya terpuruk seiring dengan membaiknya animo investor terhadap aset dalam mata uang US Dolar.

Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin mengatakan, pekan ini memang tidak ada data ekonomi yang perlu dikhawatirkan akan membebani pasar keuangan. Akan tetapi yang menjadi persoalan adalah adanya kemungkinan koreksi sehat atau teknikal.

“Walaupun sejauh ini koreksi yang terjadi tidak begitu membuat pasar keuangan terpukul. Koreksi pada pasar keuangan terjadi sesaat namun mampu terecoveri segera,” ujarnya, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, pelaku pasar saat ini tengah fokus terhadap vaksinasi awal yang dilakukan di tanah air. Presiden dan sejumlah tokoh masyarakat dijadwalkan akan mendapatkan vaksin.

“Pelaku pasar sangat mengapresiasi sikap tersebut sebagai upaya agar masalah dunia kesehatan bisa terurai dan ekonomi bisa berputar lebih kencang,” pungkasnya.(ng)