1 Kabupaten di Sumut Kembali ke Zona Orange, Zona Hijau Tetap 3

fokusmedan : Satgas Penanganan Covid-19 pusat melalui website covid19.go.id terjadi perubahan pada zona kuning (risiko rendah) di Provinsi Sumut per 10 Januari 2021 mengeluarkan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah. Di mana sebelumnya terdapat 4 Kabupaten/Kota kini hanya menjadi 3 daerah saja, satu Kabupaten kembali ke zona orange.

Ketiga daerah tersebut yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Nias Utara dan Padang Sidimpuan. Sedangkan Kabupaten Simalungun yang sebelumnya berada pada zona kuning, kini kembali masuk ke zona orange (risiko sedang).

Sementara untuk zona hijau, masih tetap didapatkan pada 3 Kabupaten yaitu, Nias, Nias Barat dan Nias Selatan. Kemudian terhadap 26 Kabupaten/Kota lainnya termasuk Kota Medan berada pada zona orange.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, berdasarkan update data pada, Selasa (12/1/2021) terhadap ketiga zona kuning tersebut, yakni di Kabupaten Tapanuli Utara akumulasi kasus Covid-19 nya sebanyak 142 orang dengan 131 diantaranya sembuh dan 2 lainnya meninggal.

“Sehingga saat ini di Tapanuli Utara tinggal menyisakan 9 orang pasien Covid-19,” ungkapnya, Rabu (13/1/2021).

Selanjutnya di Kota Padang Sidempuan, dari akumulasi 193 orang, 180 diantaranya sembuh dan 9 lainnya meninggal, sehingga kini hanya menyisakan 4 orang pasien. Berikutnya Nias Utara, dari 12 akumulasi kasus, 9 diantaranya sembuh, sehingga hanya menyisakan 3 orang penderita.

Lalu terhadap zona hijau yakni di Kabupaten Nias, dari akumulasi 36 kasus 35 orang diantaranya sudah sembuh, sehingga hanya menyisakan 1 penderita lagi. Lalu di Kabupaten Nias Barat dari 17 akumulasi kasus 16 diantaranya sudah sembuh, sehingga juga hanya menyisakan 1 pasien lagi.

“Terakhir di Nias Selatan, dari 84 akumulasi kasus, 81 diantaranya sudah sembuh, sehingga kini menyisakan 3 pasien Covid-19 lagi,” jelasnya.

Untuk Provinsi Sumut keseluruhan, Aris menyebutkan diperoleh penambahan 90 kasus baru konfirmasi dari 13 Kabupaten/Kota, sehingga akumulasinya naik menjadi 19.212 orang. Jumlah terbanyak berasal dari Kota Medan dengan 64 orang dan Deliserdang dengan 11 orang.

Selanjutnya untuk angka kesembuhan, didapatkan penambahan sebanyak 95 orang dari 10 Kabupaten/Kota, sehingga kini akumulasinya menjadi 16.450 orang. Jumlah terbanyak juga didapatkan dari Kota Medan dengan 74 orang.

Aris menambahkan, untuk angka kematian juga masih didapatkan 1 orang yang berasal dari Kota Medan. Untuk itu, akumulasinya pasien Covid-19 yang meninggal di Sumut kini sudah mencapai 701 orang.

“Dari data tersebut diketahui saat ini terdapat 2.061 orang pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan secara isolasi,” pungkasnya.(riz)