Satgas Sebut Orang yang Sudah Terpapar Covid-19 Tak Perlu Divaksinasi Dulu

fokusmedan : Vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan dilaksanakan pada Rabu, 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo merupakan orang pertama di Indonesia yang akan divaksinasi.

Selain Jokowi, pejabat publik pusat seperti menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan divaksinasi besok. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan menteri atau pejabat yang sudah terpapar Covid-19 tidak perlu divaksinasi.

“Untuk orang yang sudah terpapar Covid-19, sementara tidak divaksin dulu. Prioritas vaksin untuk sementara ini adalah untuk orang-orang belum pernah terpapar,” ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/1).

Mengenai tata cara dan lokasi vaksinasi Covid-19 terhadap Jokowi masih dalam pembahasan. Sekretariat Presiden sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mempersiapkan vaksinasi kepada Kepala Negara.

“Saat ini, Sekretariat Presiden berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan sedang melakukan persiapan untuk pengaturan tata cara vaksinasi dari penyuntikan vaksin pertama untuk Presiden,” katanya.

Sebelumnya, Wiku mengatakan selain Jokowi ada tiga kelompok besar yang akan menerima vaksin Covid-19 pada hari pertama vaksinasi.

“Pertama pejabat publik pusat dan daerah,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1).

Kelompok kedua yakni pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci dari institusi kesehatan di daerah. Kelompok ketiga, tokoh agama di daerah.(yaya)