Rencana Jokowi Disuntik Vaksin Jadi Kabar Baik Bagi Pasar

fokusmedan : Pasar keuangan pagi ini kembali mencatatkan kinerja positif. Ada kabar baik yang akan diterima pasar diantaranya adalah rencana bahwa Presiden Jokowi akan disuntik vaksin.

Menurut Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, kabar tersebut bisa membuat kekhawatiran pasar akan penambahan jumlah Covid-19 memudar. Karena memang di pekan ini tidak ada data-data ekonomi yang dihawatirkan memicu terjadinya koreksi.

“Semua data yang tersaji nantinya masih dalam rentang angka yang stabil bahkan cenderung membaik. Pekan ini sentimen akan lebih banyak dimotori isu vaksin dan Covid-19, atau sentimen spekulasi bagaimana pidato pertama Biden saat diangkat presiden nantinya kalaupun koreksi sifatnya teknikal saja,” katanya, Senin (11/1/2021)

Pagi ini IHSG dibuka menguat 0.33% di level 6.278,41. Dan sejauh ini mata uang rupiah diperdagangkan stabil dikisaran level 14.020 per US Dolarnya.

“Untuk IHSG, saya menilai tidak mudah untuk menembus level 6.300, meskipun suatu hal yang bukan tidak mungkin terjadi nantinya,” ujarnya.

Namun, kata dia, dengan penguatan IHSG yang sudah cukup jauh, pelaku pasar bisa saja melakukan aksi profit taking terlebih dahulu sembari menanti kabar terkait sikap AS dengan Presiden yang baru nantinya.(ng)