Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Serentak Dilaksanakan Mulai 14 Januari 2021

fokusmedan : Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI mengeluarkan surat edaran terkait distribusi vaksin dan pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk daerah yang tertuang dalam surat bernomor SR.02.06/II/80/2021 tanggal 8 Januari 2021 kepada Kepala Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia.

Tertulis pada surat itu bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerah akan dilaksanakan serentak di 34 Provinsi mulai 14 Januari 2021.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudhariansyah memyebutkan, sasaranĀ vaksinasi pada bulan Januari – Februari 2021 adalah SDM kesehatan.

Itu merujuk pada fasilitas pelayanan kesehatan dilakukan dalam jangka waktu yang luas dengan sistematika pengaturan jadwal vaksinasi sehingga tidak menggangu pelayanan kesehatan lainnya.

“Awal pelaksanaan di bulan Januari adalah ibukota Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berbatasan dengan ibu kota dalam hal ini di Sumut yakni Kota Medan, Binjai dan Deliserdang (Mebidang),” sebutnya, Senin (11/1/2020).

Sedangkan sasaran vaksinasi, adalah kelompok rentan yang berusia 18-59 tahun dengan pemberian secara bertahap. Sementara kelompok usia diatas 60 tahun ke atas akan divaksinasi setelah tersedia data dukung keamanan yang cukup untuk kelompok usia tersebut dan disetujui BPOM.

“Pemberian vaksinasi akan segera dilakukan setelah tersedia dan mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dalam rangka menjamin keamanan, mutu dan efikasi,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan dan kehalalan vaksin, lanjutnya, maka pelaksanaan vaksinasi akan didahului dengan kepada sekitar kurang lebih 10 orang pemimpin dan tokoh daerah.

Mereka terdiri dari unsur pejabat publik mulai Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati/Walikota, Pangdam, Kapolda, pimpinan DPRD, Kepala Dinas Kesehatan Direktur rujukan RS Covid-19 pengurus Asosiasi tenaga kesehatan dan key leader kesehatan daerah, perwakilan organisasi masyarakat serta agama di daerah.

Ia menuturkan, tahap pertama dalam termin I vaksinasi ini dilakukan, untuk Kota Medan alokasi jumlah SDM tenaga kesehatan yang bakal menerima vaksin tersebut ada sebanyak 18.729 orang. Kemudian Deliserdang sebanyak 4.874 orang dan Binjai 2.490 orang.(riz)