6 Manfaat Wheatgrass untuk Pengobatan

fokusmedan : Manfaat wheatgrass untuk kesehatan sangatlah banyak, mulai dari membuang racun dari tubuh hingga melawan penyakit kanker. Wheatgrass atau yang disebut juga dengan rumput gandum merupakan sumber klorofil yang baik.

Di samping kaya akan klorofil yang sudah terkenal manfaatnya bagi kesehatan, melansir alodokter, Sabtu (2/1/2021), wheatgrass juga mengandung beragam nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti: vitamin, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks, mineral, seperti zat besi, kalsium dan magnesium, 17 asam amino, enzim serta protein.

Tak hanya itu, wheatgrass juga diketahui mengandung berbagai senyawa bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi.

Manfaat Wheatgrass untuk Kesehatan
Dengan kandungan nutris-nutrisi di atas, wheatgrass menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat wheatgrass yang penting untuk Anda ketahui:

1. Menghilangkan racun dari tubuh

Manfaat wheatgrass yang utama adalah membuang kotoran dan racun yang tersimpan di dalam tubuh. Manfaat ini ada berkat kandungan 70% klorofil di dalam wheatgrass.

Klorofil diketahui dapat membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan fungsi hati. Setelah tubuh Anda dibersihkan dari racun, proses pembentukan energi dalam tubuh Anda akan lebih optimal, sehingga Anda akan merasa lebih bugar dan sehat.

2. Memperlancar pencernaan

Efek detoks tubuh dari wheatgrass juga sekaligus mampu membersihkan usus, sehingga gas di dalam perut Anda akan berkurang dan Anda terhindar dari perut kembung atau ketidaknyamanan perut.
Terlebih lagi, enzim yang terkandung di dalam wheatgrass juga membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi dengan baik.

Oleh karena itu, wheatgrass baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna, serta meredakan sembelit dan irritable bowel syndrome.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, wheatgrass bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Hal ini karena wheatgrass termasuk makanan yang sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak, dan padat nutrisi.

Tak hanya itu, komponen bernama tilakoid di dalam wheatgrass juga diketahui dapat membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama. Dengan begitu, dorongan untuk ngemil atau makan lebih banyak pun bisa berkurang.

4. Memperkuat sistem imunitas tubuh

Sistem kekebalan atau imunitas tubuh berperan penting untuk menangkal infeksi kuman, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dan tinggi nutrisi, seperti wheatgrass.

Antioksidan yang melimpah dan macam-macam vitamin dalam wheatgrass diketahui dapat memperkuat daya tahan tubuh. Jika Anda menderita penyakit tertentu, dukungan terhadap sistem imun dari antioksidan ini juga dapat membantu Anda sembuh lebih cepat.

5. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat wheatgrass lainnya yang bisa Anda peroleh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida (lemak darah), serta menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Menariknya, efek dari wheatgrass ini hampir sama dengan atorvastatin, yakni obat yang biasa digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol, risiko terkena sejumlah penyakit, seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke, juga akan berkurang.

6. Melawan penyakit kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi wheatgrass dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker mulut, kanker payudara, kanker leher rahim, kanker ovarium, dan leukemia.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam wheatgrass juga disebut dapat meningkatkan efektivitas dan menurunkan risiko komplikasi kemoterapi dalam pengobatan kanker. Meski demikian, manfaat wheatgrass yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selain manfaat wheatgrass di atas, rutin mengonsumsi wheatgrass juga diketahui bisa meredakan gejala rheumatoid arthritis, mengobati diabetes, dan menurunkan tekanan darah.

Untuk memperoleh manfaat wheatgrass
dengan maksimal, pilihlah wheatgrass yang bebas dari pestisida dan berasal dari sumber yang terpercaya. Pastikan juga wheatgrass
dibersihkan dengan benar. Selain itu, konsumsilah wheatgrass dalam jumlah yang bertahap untuk mengurangi risiko efek samping.

Perlu diingat juga bahwa wheatgrass bukanlah obat mujarab yang bisa menangkal semua racun maupun lemak dalam makanan. Jadi untuk mencapai tubuh yang sehat, Anda tetap harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.

Jika Anda sedang hamil dan meyusui, menderita kelainan darah, penyakit celiac, atau intoleransi gluten, sebaiknya hindari mengonsumsi wheatgrass. Rumput ini diketahui dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang, terutama yang juga memiliki alergi terhadap gandum.(ng)