Rawat Motor di Musim Hujan, Ini Caranya

fokusmedan : Hujan yang masih sering mengguyur menjadi kendala tersendiri bagi para pengguna jalan raya, terlebih bagi mereka yang mengandalkan motor sebagai moda transportasi harian. Karena layaknya manusia, motor yang sering terkena air hujan juga dapat mengalami ‘sakit’.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service di perusahaan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, bahwa musim penghujan merupakan salah satu kendala yang cukup signifikan terutama pada perawatan kendaraan roda dua. Menurutnya, para pengendara harus sudah bersiap dengan pengetahuan dan perhatian ekstra pada motor demi menjaga agar performanya tetap optimal dan mampu memberikan kenyamanan maksimal saat digunakan.

Menemani pecintanya, maka Honda ingin berbagi terkait beberapa hal yang harus dilakukan pemilik sepeda motor saat musim hujan, sehingga motor kesayangan tetap dalam kondisi prima dan tahan lama.

Pertama, mencuci sepeda motor setelah digunakan di bawah guyuran hujan atau terkena hujan saat berada di parkiran. Hal ini bertujuan untuk menghindari proses korosi akibat zat asam yang terkandung di dalam air hujan. Selain itu, hindari penggunaan air bertekanan tinggi saat mencuci sepeda motor untuk menghindari masuknya air ke celah-celah sambungan kabel.

Kedua, memeriksa tekanan angin ban, dimana tekanan angin harus sesuai anjuran yang telah ditentukan. Jangan sampai tekanan angin ban berlebih atau kurang yang mengakibatkan ban cepat rusak sehingga mengganggu kenyamanan serta kestabilan pengendalian. Kondisi jalan yang basah dan licin saat hujan juga mengharuskan kondisi ban dan tekanan anginnya dalam kondisi optimal demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Ketiga, rem merupakan piranti keselamatan sepeda motor yang sangat penting. Karena itu, rutinlah memeriksa dan merawatnya agar rem tetap berfungsi secara optimal, terlebih di musim hujan. Selain itu juga jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem setelah berkendara di bawah hujan dan memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menempel di celah rem.

Keempat, periksalah ketegangan rantai motor. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya.

Kelima, lakukan pemeriksaan busi setiap usai berkendara di bawah hujan atau setelah mencuci sepeda motor. Periksalah kop atau karet penutup busi dan pastikan bagian dalam kop busi dalam kondisi kering. Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut.

“Motor kini bukan hanya menjadi sarana transportasi produktif bagi masyarakat, namun juga menjadi bagian dari hobi dan gaya hidup. Seperti halnya motor Honda yang senantiasa menemani masyarakat beraktivitas dan menggapai mimpi bersama jajaran produk unggulannya seperti, Honda ADV150, Honda PCX, Honda Vario, Honda Scoopy, Honda Genio, Honda BeAT, Honda CBR Series, Honda CR150L, dan motor idaman lainnya. Karena itu, selalu ingat untuk membawa motor kesayangan ke AHASS guna mendapatkan perawatan terbaik dan tepat dari ahlinya, “ ujar Erwin Chandra.(ril)