19/04/2024 6:52
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Dr Hermida : Pola Hidup Sehat Dapat Mencegah Penyebaran Covid-19

Plt Kepala Puskesmas Aras Kabu, Kabupaten Deli Serdang, Dr Hermida Suherman Tanjung MKM. Ist

 

fokusmedan : Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), pola hidup sehat juga penting untuk dilakukan.

“Imbauan dari saya, untuk pencegahan Covid-19, kita itu harus hidup sehat. Ini salah satu kunci mengatasi penularan wabah Covid-19,” kata Plt Kepala Puskesmas Aras Kabu Kabupaten Deli Serdang, Dr Hermida Suherman Tanjung MKM kepada wartawan, Selasa (29/12/20).

Karena itu, Hermida mengajak masyarakat agar dalam melakukan aktifitas sehari-hari baik di dalam maupun di luar rumah atau gedung agar tetap mematuhi Prokes sesuai anjuran pemerintah.

Himbauan ini kata Hermida sering kita sampaikan kepada masyarakat khususnya kepada para pasien,”Setiap pasien yang datang berobat ke Puskesmas kita selalu sampaikan. Selain itu, bila kita bertugas ke lapangan hal itu juga selalu kita sosialisasikan kepada masyarakat pentingnya pola hidup sehat dalam mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Tidak itu saja sebut wanita berdarah Minang ini, upaya penanggulangan Covid-19 dapat dilakukan dengan IMAN, AMAN dan IMUN.

Menurut Hermida, IMAN, dimana Kita diwajibkan meningkatkan IMAN melalui ibadah karena kita selalu dituntut agar selalu sabar dalam menghadapi cobaan dengan terus menerapkan Prokes (3M) sehingga masyarakat akan AMAN dari penyebaran virus Covid-19.

Kalau yang terkait dengan IMUN lanjut alumni Fakultas Kedokteran UISU/98 ini kita dapat meningkatkan IMUN melalui beberapa cara diantaranya olah raga teratur, istirahat yang cukup, jangan begadang atau tidur sampai larut malam, kosumsi makanan dan minuman yang sehat, minum multivitamin dan hindari stres.

Bila hal diatas dapat dipatuhi tambah ibu tiga anak ini maka masyarakat termasuk kita dapat terhindari dari penularan wabah Covid-19.

Dikesempatan itu, Hermida juga berpesan agar selalu melakukan
cek kesehatan secara rutin. Artinya ketika ada gejala sedikit, kita memeriksakan diri ke Puskesmas, atau Faskes (fasilitas kesehatan) terdekat.

(Rio)