20/04/2024 1:53
SUMUT

Masuk Sumut Harus Tunjukkan Rapid Test

fokusmedan : Mencegah penyebaran Covid-19 di masa perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemprov Sumut mewajibkan seluruh masyarakat yang akan masuk ke Sumut membawa hasil rapid test antigen ataupun swab test. Peraturan tersebut berlaku mulai 20 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Pemberlakuan aturan tersebut diumumkan melalui Surat Edaran Gubernur Sumut bernomor 360/9625/2020 tentang persyaratan memiliki PCR atau rapid test antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri masuk wilayah Sumut.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Edy Rahmayadi tersebut melarang seluruh pelaku perjalan masuk ke Sumut tanpa membawa syarat yang ditentukan.  Syarat ini diberlakukan Pemprov Sumut dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di masa mudik liburan Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Aris Yudhariansyah saat dikonfirmasi membenarkan surat edaran tersebut. Dia menyebutkan aturan tersebut berlaku selama 14 hari ke depan untuk seluruh jenis perjalanan.

“Berlaku untuk perjalanan darat, air dan udara. Nanti kami akan menyiagakan petugas di bandara, pelabuhan, dan terminal-terminal di wilayah Sumut. Nanti yang tidak membawa syarat tersebut dilarang masuk ke wilayah Sumut,” tandasnya.(Rio)