6 Makanan Sugar Glider yang Sehat dan Murah, Perlu Diketahui

fokusmedan : Sugar Glider merupakan jenis hewan peliharaan yang saat ini banyak dicari oleh para pencintanya. Banyak orang tertarik memelihara hewan bertubuh mungil ini karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Selain itu, perawatannya yang mudah, juga menjadi daya tarik tersendiri di kalangan penggemarnya.

Hewan yang mirip dengan tupai terbang ini, bisa melompat hingga sejauh 50 meter. Biasanya, Sugar Glidar akan melompat ketika mencari makan dan menghindari serangan predator. Tak hanya tingkahnya yang unik, makanan Sugar Glider terbilang cukup murah dan mudah dicari.

Kendati demikian, makanan Sugar Glider harus diberikan secara bergantian. Hal ini perlu dilakukan agar mereka tidak bosan. Selain mengetahui makanan kesukaannya, penting juga untuk mengetahui cara memberikan makan untuk Sugar Glider.

Lalu, apa saja makanan Sugar Glider yang sehat dan murah? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com:

Pepaya

Makanan Sugar Glider yang pertama adalah buah pepaya. Kandungan vitamin E, vitamin A, dan protein berfungsi efektif untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi efektif melancarkan proses pencernaan Sugar Glider.

Cara menyajikannya cukup mudah, potong kecil buah pepaya dan tempatkan pada tempat makanan. Potongan tersebut bertujuan untuk memudahkan Sugar Glider saat memegang dan mengonsumsinya.

Pisang

Makanan Sugar Glider yang sehat berikutnya adalah buah pisang. Selain memiliki cita rasa manis dan lembut, buah pisang juga memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi Sugar Glider.

Melansir dari Healthline, pisang mengandung serat, vitamin A, asam folat, kalium, dan fosfor yang dapat menjaga kesehatan Sugar Glider. Selain dapat disajikan secara utuh, pisang juga dapat dipotong-potong terlebih dahulu untuk kemudian diberikan Sugar Glider hanya dengan melumatnya sedikit.

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan segar menjadikan apel digemari oleh semua kalangan. Maka tidak heran apabila buah ini banyak dijumpai di berbagai tempat, seperti pasar tradisional maupun supermarket.

Selain memiliki cita rasa yang enak dan segar, buah apel juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Sugar Glidar. Teksturnya yang agak keras juga baik untuk menstimulasi gigi Sugar Glider.

Ubi Jalar

Ubi jalar atau ketela rambat merupakan tanaman yang memiliki akar umbi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tak jarang ubi jalar diolah menjadi berbagai menu makanan, seperti kripik, kolak, hingga onde-onde. Selain itu, ubi jalar juga bisa menjadi makanan Sugar Glider.

Melansir dari laman Healthline, ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sehingga hal ini dapat berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan Sugar Glider.

Semangka

Buah semangka menjadi salah satu makanan Sugar Glider yang cocok dikonsumsi setiap hari. Buah semangka mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin B5, dan vitamin C yang baik untuk membantu menjaga kesehatan Sugar Glider. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan air yang bisa memperlancar pencernaan Sugar Glidar.

Kubis

Makanan Sugar Glider berikutnya yaitu sayur kubis. Kandungan vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6 pada kubis berperan penting menjaga kesehatan Sugar Glidar. Cukup menyajikan kubis dalam keadaan utuh satu lembar dan diletakkan di dalam wadah makan.(yaya)