20/04/2024 1:04
NASIONAL

Gempa Bumi Berkekuatan M:4,9 Guncang Kota Langsa

fokusmedan : Gempa bumi tektonik berkekuatan M: 4,9 sekira pukul 10.51 WIB mengguncang wilayah Provinsi Aceh, Kamis (3/12/2020).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan menjelaskan, episenter gempa terletak pada koordinat 4,61 LU dan 97,82 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km BaratLaut Kota Langsa – Aceh pada kedalaman 8 km.

“Lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis dangkal akibat aktifitas sesar lokal yang berada di Daerah Langsa,” jelasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan masyarakat dampak gempa berupa guncangan dirasakan di wilayah Langsa pada skala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan terasa getaran karena ada truk berlalu.

Sementara hasil monitoring hingga pukul 12:00 WIB, lanjutnya, menunjukkan adanya 5 kejadian aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) yang terjadi.

“Kami imbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya,” tandasnya.(riz)