PLN Perpanjang Program Diskon Tambah Daya Hingga 31 Desember 2020

fokusmedan : PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (persero) kembali memperpanjang program ‘Super Merdeka’ hingga 31 Desember 2020. Perpanjangan ini dilakukan melihat tingginya animo pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)/Industri Kecil Menengah (IKM).

“UMKM dan IKM yang mendaftar dari hari ke hari terus bertambah, antusiasmenya masih besar. Melihat itu, kita perpanjang lagi sampai 31 Desember 2020,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dikutip dari Antara, Rabu (2/12).

Program ini memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif bisnis dan industri tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

“Melalui program ini kami ingin memberikan keringanan biaya tambah daya yang super ekonomis demi membantu dalam meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM di tengah pandemi,” tambah Bob.

Di tengah pandemi Covid-19, UMKM/IKM adalah tulang punggung kegiatan ekonomi, layanan Super Merdeka merupakan kepekaan PLN kepada pelanggan UMKM/IKM yang membutuhkan listrik untuk kegiatan bisnisnya.

Perpanjangan Sebelumnya

Sebelumnya, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero memperpanjang program ‘Diskon Tambah Daya Super Merdeka’ hingga 30 November 2020 untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan hingga 20 November, tercatat lebih dari 50.000 UMKM dan IKM telah mendaftar untuk memanfaatkan program ini. Meskipun telah diperpanjang dua kali, program ini terus mendapatkan sambutan baik dari pelanggan.

“Antusiasme pelanggan sangat besar, lebih dari 50.000 pelanggan telah mendaftar, dan jumlah ini bisa makin bertambah setiap harinya. artinya pelanggan menyambut positif dan bisa merasakan langsung manfaat dari penambahan daya ini,” kata Bob, Minggu (22/11).

Melalui program Super Merdeka ini, PLN memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif Bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

“Dengan keringanan biaya tambah daya yang super ekonomis ini kami berharap dapat membantu meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM di tengah pandemi,” ujarnya.

Misalnya pemilik Etnic Coffee Lombok Galung, yang merupakan salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan program Super Merdeka dengan menambah daya listrik dari 3.300 VA ke 5.500 VA, menilai hadirnya program tersebut sangat membantu dirinya untuk meningkatkan produksi usahanya.

“Adanya diskon tentu sangat meringankan kami pelaku UMKM, apalagi di tengah pandemi seperti ini,” tutur Galung.(yaya)