Kasus konfirmasi Covid-19 di Sumut terus bertambah

fokusmedan : Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sumut terus mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah penderitanya.

Berdasarkan update date dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, jumlah kasus aktif tercatat 2.054 orang.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, penambahan jumlah kasus aktif ini terjadi lantaran diperolehnya 88 kasus baru, sehingga akumulasinya naik menjadi 15.759 orang.

Sementara angka kesembuhan diperoleh penambahan sebanyak 77 orang menjadi 13.086 dan pasien meninggal bertambah dua menjadi 619 orang.

“Sebagian besar penderitanya melakukan isolasi mandiri dan sebagian kecilnya melakukan isolasi di rumah sakit,” sebutnya kepada wartawan, Rabu (2/11/2020).

Ia menjelaskan, terhadap penambahan kasus konfirmasi, jumlah terbanyak berasal dari Kota Medan dengan 51 orang. Kemudian diikuti Deliserdang 10 orang, Pematang Siantar dan Asahan enam orang, Serdang Bedagai empat orang. Lalu Tebing Tinggi dan Tapanuli Utara tiga orang, Labuhan Batu dua orang, serta masing-masing satu orang dari Simalungun, Dairi dan Toba.

“Totalnya ada 11 Kabupaten/Kota yang melaporkan terjadinya penambahan kasus baru Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, terhadap penambahan angka kesembuhan, jumlah terbanyak didapatkan dari Labuhan Batu Selatan dengan 36 orang. Kemudian diikuti Kota Medan 21 orang, Kabupaten Toba 15 orang, Padang Sidimpuan tiga orang, serta masing-masing satu orang dari Kota Tanjung Balai dan Simalungun.

“Untuk penambahan dua penderita Covid-19 yang meninggal masing-masing didapatkan dari Kota Medan dan Binjai,” bebernya.

kemudian untuk kasus suspek, lanjutnya, secara menyeluruh tidak diperoleh penambahan kasus, sehingga jumlahnya tetap 573 orang. Namun secara rinci dia memaparkan, terdapat penambahan 17 kasus suspek dari Medan dan masing-masing satu kasus dari Tapanuli Utara serta Pakpak Bharat.

“Sedangkan penurunan juga sebanyak 19 orang, di mana dua diantaranya dari Tapanuli Tengah dan 17 dari Kabupaten Toba,” tandasnya.(riz)