Dapat Bantuan, Cabor Pencak Silat Sumut Diharapkan Berprestasi Gemilang

Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan serahkan bantuan. Ist

fokusmedan : Cabang olahraga Pencak Silat di Sumatera Utara (Sumut) mendapat bantuan sejumlah sarana latihan seperti manekin dan matras dari Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan. Atlet cabang ini diharapkan dapat memperoleh prestasi yang gemilang.

Sofyan Tan berpesan, ada 4 hal yang dibutuhkan atlet yang ikut Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) jika ingin memiliki prestasi yang gemilang. Pertama, setiap atlet harus memiliki kemauan untuk bergelut di cabang olah raga yang dipilih, kemudian harus memiliki fisik yang cukup dan memiliki kedisiplinan.

“Dan yang terakhir itu harus patuh kepada instruksi dari pelatih,” ujarnya saat kunjungi gedung Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut di Jalan Pembangunan Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (2/12/2020).

Sofyan menyebutkan, olah raga Pencak Silat merupakan cabang olahraga yang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang yang saat ini sudah cukup mendunia. Karena itu kita pantas berbangga, tetapi kebanggaan tersebut harus dijadikan sebagai semangat untuk tetap berlatih dengan baik sehingga bisa menjaga prestasinya.

Dengan bantuan sarana yang diberikan, Sofyan berharap atlet Pencak Silat Sumut semakin termotivasi untuk berlatih, sehingga meraih target prestasi yang ditetapkan pengurus di PON Papua 2021 mendatang.

“Termasuk juga prestasi di PON 2024, yang kita jadi tuan rumah. Tentunya harus bisa lebih baik lagi,” pesannya.

Ketua Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut, Dahliana mengungkapkan, di PON Papua, pihakya menetapkan target 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu dari 9 atlet yang dipersiapkan untuk 8 kelas yang akan dipertandingkan.

“Kita sudah mulai jalankan Pelatda sejak Januari, sehingga persiapan atlet lebih matang. Karena bagi kita, semua lawan itu berat karena sudah kita lewati di Pra PON. Dan setiap daerah juga sudah mempersiapkan diri,” pungkas mantan pesilat nasional ini.(ng)