Tahun 2030, HIV/AIDS ditargetkan zero kasus

fokusmedan : Ditargetkan pada tahun 2030, kasus HIV/AIDS di seluruh dunia tidak lagi ditemukan atau zero kasus.

Hal ini disampaikan Bendahara Komisi Penanggulangan AIDS Sumatera Utara KPA Sumut  Ramadhan saat memperingati Hari AIDS sedunia pada tahun 2020,

“Tekad dunia internasional di tahun 2030 kita dapat mewujudkannya, sehingga HIV/AIDS sudah selesai,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Ia menjelaskan, ada tiga zero yang ditargetkan dapat tuntas pada 2030 itu. Zero pertama, lanjutnya, tidak ada lagi orang yang terinfeksi HIV pada tahun tersebut.

“Kemudian zero ¬†kedua, tidak ada lagi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang meninggal dan pada zero ketiga tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada ODHA di tahun 2030 nanti,” jelasnya.

Sementara itu, terkait rangkaian peringatan Hari AIDS sedunia tahun ini, khususnya KPA Sumut, pihaknya telah melakukan sosialisasi di Bandar Baru dengan melakukan dialog bersama masyarakat bekerjasama dengan Puskesmas setempat. Kemudian, melakukan dialog secara webinar terkait peringatan Hari AIDS ini.

“Kita juga akan membagikan masker di seputaran Lapangan Merdeka pada Selasa (1/12) nanti. Esoknya kembali dilakukan sosialisasi penanganan AIDS, baik secara internal dan eksternal,” ujarnya.

Secara akumulatif, sejak tahun 1994 hingga Agustus 2020, tercatat kasus HIV/AIDS di Sumut telah mencapai sekitar 15.000 an penderita. Selama pandemi Covid-19 ini, tambah dia, juga ada ditemukan beberapa ODHA yang terpapar virus corona.

“Meski kita tidak ada memegang berapa jumlahnya, namun dalam penanganannya ODHA harus tetap rutin mengkonsumsi obat ARV,” tandasnya.(riz)