20/04/2024 17:33
INTERNASIONAL

Hasil Keliru, Ribuan Orang di Inggris Dinyatakan Positif Covid-19

Ilustrasi test swab. Getty Images

fokusmedan : Sebuah laboratorium milik pemerintah di Inggris, NHS Test and Trace dikabarkan mengalami eror atau gangguan. Hal ini berdampak dengan adanya kekeliruan dalam mendiagnosis kondisi pasien.

Lebih dari 1.300 orang di Inggris mendapat informasi keliru lantaran mereka dikabarkan terinfeksi virus Corona atau positif covid-19.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (28/11/2020), Kementerian Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris mengatakan, labolatorium yang eror itu ada pada sistem pengujian dan pelacakan NHS milik pemerintah Inggris.

“NHS Test and Trace telah menghubungi 1.311 orang yang keliru diberitahu bahwa hasil uji Covid-19 mereka, yang diambil pada 19-23 November, adalah positif,” kata juru bicara departemen.

Orang-orang yang dites pun dipastikan sudah mendapat pemberitahuan perihal kekeliruan tersebut. Mereka diminta untuk melakukan tes ulang serta melanjutkan isolasi mandiri apabila mengalami gejala virus corona.

Hingga saat ini, tercatat sekitar 1,6 juta kasus infeksi Covid-19 di Inggris dengan lebih dari 57.500 kematian.

Pemerintah Inggris sebelumnya umumkan tambahan 7 miliar poundsterling (setara Rp131 triliun) untuk sistem pengujian dan penelusuran kontak Covid-19 sebagai bagian dari program lanjutan pengujian massal.(ng)