Bursa di Asia Turun, IHSG Bisa Lanjut Koreksi

 

fokusmedan : Kinerja indeks bursa saham global memburuk pada perdagangan hari ini dipicu oleh memburuknya bursa di AS. Sejumlah bursa Asia juga kebanyakan di perdagangkan melemah dan IHSG berpeluang tergelincir.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin merinci, IHSG dibuka melemah di level 5.669,66 akan tetapi IHSG justru masih mampu berbalik dan sejauh ini berada di zona hijau. IHSG masih akan mencoba naik dan mendekati level 5.700 meski akan terasa sulit dikarenakan sejumlah sentimen tidak begitu mendukung penguatan IHSG.

Rupiah di sisi lainnya mengalami penguatan. Rupiah mampu terus menguat mendekati level 14.100, sejauh ini masih berada dalam rentang 14.125 hingga 14.130 per US Dolarnya.

“Kinerja mata uang Rupiah mengalami penguatan di tengah tekanan pasar keuangan yang terkoreksi teknikal saat ini,” ujarnya, Kamis (26/11/2020).

Sejauh ini, lanjutnya, belum ada yang harus dikhawatirkan berlebihan untuk pasar keuangan domestik. Tetapi bagi investor di pasar komoditas khususnya emas, sebaiknya terus mewaspadai kemungkinan tekanan lanjutan yang bisa terjadi dalam jangka waktu menengah.(ng)