Akhir November 2020, Bantuan Benih untuk Petani Diyakini Rampung

Penyaluran bantuan benih ke petani. Ist

fokusmedan : Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara (Sumut) targetkan bisa merampungkan penyaluran benih, pupuk dan alat pertanian bantuan Covid-19 untuk petani pada akhir November 2020.

“Penyaluran benih cabai merah, bawang merah dan kentang serta pupuk sudah hampir rampung. Sedangkan alat pertanian dalam pekan ini mulai disalurkan,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Dahler, Rabu (25/11/2020)

Dengan realisasi seperti itu, katanya, maka Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut optimistis bisa merampungkan penyerahan bantuan Covid-19 itu sesuai target yakni akhir November 2020.

Bantuan benih, pupuk dan alat pertanian untuk petani yang tergabung dalam kelompok tani itu bersumber dari dana refocusing APBD Sumut tahun 2020 tahap II. Bantuan itu untuk petani yang terdampak Covid-19.

Menurut Dahler, bantuan benih, pupuk dan alat pertanian diharapkan membantu petani untuk bangkit kembali setelah terganggu dampak Covid-19.

Ada pun pemberian bantuan benih bawang merah dan cabai merah bertujuan untuk bisa meningkatkan produksi kedua komoditas itu.

“Bawang merah dan cabai merah sering menjadi pemicu inflasi sehingga Pemprov Sumut berharap produksi kedua komoditas itu meningkat,” katanya.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Jonni Akim Purba mengatakan, bantuan alat pertanian dalam proses pendistribusian. Penyaluran dimulai pekan ini juga.

Bantuan alat pertanian yang akan dibagikan berupa 16 ribu cangkul, 7.000 garu, 6.000 parang, 1.181 kereta sorong, 1.200 unit hand sprayer, 14.286 unit perangkap lalat buah dan 35.788 unit likat kuning.(ng)