Pasar Keuangan Global Turun karena Covid-19, IHSG dan Rupiah Melemah

fokusmedan : Fokus pelaku pasar pada perdagangan hari ini akan tertuju kepada hasil rapat Gubernur Bank Indonesia yang akan menentukan arah kebijakan suku bunga acuannya.

Menurut Analis Pasar Keuangan Gunawan, jika kebijakan penentuan suku bunga acuan nantinya sulit untuk diturunkan. Karena tren positif kinerja ekonomi global ke depan berpeluang untuk mengerek besaran suku bunga acuan global ke atas.

“Jadi ekspektasi sementara ini adalah kebijakan suku bunga BI tidak akan berubah,” katanya, Kamis (19/11/2020).

Sementara itu, lanjutnya, sejumlah bursa global ditutup melemah pada perdagangan sebelumnya. Ini menjadi kabar yang kurang baik sekalipun dunia saat ini sudah berhasil menemukan vaksin yang aman bagi manusia.

Tetapi penyebaran Covid-19 begitu buruk dan memaksa sejumlah negara untuk membatasi ruang gerak masyarakatnya atau lockdown.

“Jadi kondisi pasar keuangan pada hari ini berpeluang untuk berada di zona merah bahkan hingga sesi penutupan perdagangan nantinya. Walaupun tetap akan berada di atas level 5.500,” ujarnya.

IHSG pada pagi ini dibuka melemah tipis 5.541,42. Sementara Rupiah dibuka melemah di level 14.080, dan sejauh ini berkonsolidasi dikisaran 14.100 per US Dolar.(ng)