Laju Penguatan Rupiah dan IHSG Terhenti

fokusmedan: Setelah mengalami penguatan yang sangat signifikan pada perdagangan sebelumnya, laju penguatan IHSG adan Rupiah terhenti pada perdagangan hari ini. IHSG dibuka naik tipis 0,017% di level 5.530,8.

Meskipun sejauh ini masih mengalami penguatan, namuan IHSG bisa saja bergerak turun. IHSG diperkirakan masih akan mampu ditransaksikan di atas level 5.500.

Sementara itu, mata uang Rupiah yang kemarin sempat menyentuh level 14.000 per US Dolar, dibuka stabil di level 14.055. Namun Rupiah kian terpukul dan sejauh ini mendekati level 14.100.

Menurut Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, sentimen pasar yang menjadi fokus perhatian selanjutnya adalah adanya kemungkinan perang dagang yang kembali berkecamuk antara AS dengan China. Meskipun perang ini terjadi di masa kepemimpinan Presiden AS Donald Trump.

“Namun, pelaku pasar tidak begitu menghiraukan terlalu jauh, karena kebijakan bisa saja berubah saat Presiden terpilih AS Joe Biden menjabat pada Januari mendatang,” katanya, Rabu (18/11/2020).

Pelaku pasar saat ini juga tengah mencermati kebijakan Bank Indonesia terkait dengan kebijakan suku bunga acuannya. Hanya saja belum bisa dipastikan apakah suku bunga akan kembali diturunkan atau tidak.

“Sejauh ini saya menilai suku bunga akan tetap bertahan. Tren pemulihan ekonomi global bisa saja merubah arah kebijakan suku bunga acuan di banyak negara nantinya,” pungkasnya.(ng)