Masih Dipengaruhi Vaksin Covid-19, IHSG dan Rupiah di Zona Hijau

fokusmedan :  Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan yang signifikan pada perdagangan hari ini. IHSG menguat tajam ditutup naik 1.99% di level 5.462,74.

Sementara mata uang Rupiah juga turut menguat. Hanya saja Rupiah tidak berhasil menembus level psikologis 14.000, Rupiah ditutup menguat di level 14.057 per US Dolar.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, kinerja mata uang Rupiah tertahan di level psikologis dan kemungkinan masih akan kesulitan untuk menembus level psikologis sementara waktu. Secara teknikal, Rupiah juga sulit untuk digiring ke bawah selama belum ada sentimen kuat yang bisa membuat Rupiah menguat lebih jauh.

“Untuk penguatan pasar keuangan pada hari ini, euphoria kemenangan Biden tidak lagi menjadi sentimennya. Temuan vaksin yang aman bagi manusia menjadi kabar yang membuat pelaku pasar kembali masuk ke pasar keuangan,” ujarnya, Selasa (10/11/2020).

Jadi, katanya, tren yang mungkin dibentuk adalah tren naik setelah temuan vaksin Covid-19 tersebut. Seraya menanti apa yang akan dilakukan oleh Presiden AS yang baru terkait dengan kebijakan ekonominya.

“Dan kita harus tetap bersiap terhadap kemungkinan terburuk, di mana kebijakan yang diambil nantinya justru lebih memperburuk keadaan dibandingkan Presiden sebelumnya,” pungkasnya.(ng)