20/04/2024 6:42
NASIONAL

Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Sumut Gelar Pengobatan Gratis

Sekretaris Dinkes Sumut Aris Yudhariansyah. Ist

fokusmedan : Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020 ini, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan melaksanakan kegiatan dengan tema ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat’ dan sub tema ‘Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi COvid 19’.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah menjelaskan, nantinya HKN kali akan di isi dengan berbagai kegiatan selama 2 hari oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan stakeholder yang selama ini sudah bekerja sama.

Selama 2 hari tersebut, yakni 7 dan 8 November 2020 akan dilaksanakan sejumlah kegiatan pengabdian masyarakat, seperti pembagian masker, pembagian obat gratis, makanan dan minuman kesehatan.

Selain itu juga, sambung dia ada penyuluhan kesehatan dan CTPS, pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis. Ada juga test kebugaran untuk umum, donor darah, kampanye mobil bergerak, pemeriksaan kesehatan seperti rapid test dan pemeriksaan darah yang akan dilaksanakan di Lapangan Gajah Mada pada hari pertama dan di Lapangan Merdeka pada hari kedua.

“Kegiatan HKN ke 56 tahun ini akan dilaksanakan di 2 lokasi dari pukul 08.00 WIB dengan tetap melaksanan protokol kesehatan,” ungkapnya, Kamis (5/11/2020).

Sedangkan pada puncaknya, jelas Aris, akan di laksanakan di Posko Satgas Penanganan Civid-19 di rumah dinas Gubernur Sumut.

“Di sini kegiatan akan diisi berupa pemberian penghargaan dan penyerahan bea siswa kepada tenaga kesehatan yang telah meninggal dunia karena bertugas dalam penanganan covid 19,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, juga akan dilaksanakan seminar virtual dan talkshow di TV lokal serta lomba vlog dan jigle kreatif yang terbuka bagi umum dengan tema ‘Adaptasi Kebiasaan Baru’, yang syaratnya, dapat dilihat di instagram @promkessumut.

“Sementara pada 12 November nantinya, akan ada upacara virtual bersama Kemenkes RI,” tandasnya.(riz)