PTPN II Berhasil Jual Gula Sekitar 11 Ton ke Kalangan Perusahaan

fokusmedan : PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II berhasil menjualan gula sekitar 11 ton sejak 2 Oktober 2020. Pemasaran dilakukan ke pasar ritel yang menyentuh kalangan perusahaan.

Kasubag Humas PTPN II, Sutan BS Panjaitan mengatakan, harga jual gula produksi PTPN II dengan merek Walini itu sebesar Rp11.700 per kg. Harga ini masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp12.500 per kg.

“Dengan harga ini, penjualan sudah sekitar 11 ton dengan pemasaran masih di kalangan perusahaan,” ujarnya, Rabu (4/11/2020).

Setelah mulai menjual ke kalangan perusahaan, kata dia, PTPN II menyasar ke pasar umum. PTPN II hingga akhir tahun 2020, menargetkan hingga akhir tahun 2020 bisa menjual 140 ton sisa stok gula perusahaan

“Dengan penjualan gula secara ritel itu, PTPN II berharap ketersediaan salah satu bahan pokok utama tersebut di pasar semakin terjamin khususnya untuk Natal dan tahun baru,” katanya.

SEVP Operational PTPN II, Iwan Perangin Angin, progres penjualan140 ton sisa stok gula perusahaan itu hingga akhir tahun, optimistis bisa diserap dengan baik oleh pasar. Dia menjelaskan, di semua PTPN yang memproduksi gula terhitung mulai triwulan III dan IV 2020 diminta holding untuk menyiapkan gula untuk dijual ritel.

Dia mengakui, PTPN II sebenarnya dijadwalkan mulai September menjual gula secara ritel, tetapi karena ada kendala di pengemasan, maka baru dapat dilaksanakan awal Oktober.

“Terkait produksi gula, sampai dengan 2021, PTPN II menargetkan rata-rata bisa sebanyak 72,64 ton per hektare,” pungkasnya.(ng)