Awal November, Sejumlah Wilayah di Sumut Berpeluang Dilanda Hujan

Ilustrasi hujan. Ist

fokusmedan : Masuk di awal bulan November, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intesitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang kemungkinan bakal terjadi di 15 wilayah Sumatera Utara (Sumut), Senin (2/11/2020).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan melalui info prakiraan cuaca dan hotspot Sumut menyampaikan, ke-15 daerah tersebut, yakni wilayah Kepulauan Nias, Tapteng, Madina, Tapsel, Simalungun, Pematang Siantar, Samosir, Medan, Langkat, Deli Serdang, Binjai, Taput, Humbahas, Sergai, Batubara, dan sekitarnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dilakukan, Edison menyampaikan, pada pagi hari kondisi cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan NIas, Madina, Tapsel, Tapteng, dan sekitarnya.

Selanjutnya paca siang hari, juga berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Sergai, Batubara, Simalungun dan sekitarnya.

Kemudian pada sore hingga Malam hari, cuaca berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Medan, Deli Serdang, Binjai, Simalungun, Batubara, Sergai, T. Tinggi, Asahan, P. Siantar, Tapteng, Tapsel, Madina, Humbahas, Karo, dan sekitarnya.

Lalu pada dini hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Tapteng, dan Tapsel.

Sementara itu, dia juga menyampaikan, untuk suhu udara diperkirakan terjadi mulai suhu 17.0 – 32.0°C. Selanjutnya kelembapan udara, mulai 60 – 98%.

Adapun kecepatan angin, yakni Barat Laut – Timur Laut yaitu 10 – a25 km/jam. Sedangkan untuk gelombang laut, yaitu Perairan Utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias tinggi gelombang 2,5 – 4,0 meter.

(Rio)