Penyebab Osteoartritis yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya

fokusmedan : Arthritis adalah istilah umum untuk radang sendi. Osteoartritis merupakan jenis dari arthritis yang paling umum. Kondisi ini berkaitan dengan kerusakan tulang rawan pada persendian dan dapat terjadi di hampir semua persendian pada tubuh.

Penyakit ini biasanya terjadi pada sendi yang menahan beban pada pinggul, lutut, dan tulang belakang. Osteoartritis juga dapat memengaruhi jari, leher, dan jempol kaki.

Osteoartritis biasanya tidak memengaruhi sendi lain kecuali jika pernah mengalami cedera sebelumnya, stres berlebihan, atau kelainan tulang rawan.

Tulang rawan adalah bahan keras dan elastis yang menutupi ujung tulang pada persendian normal. Fungsi utamanya untuk mengurangi gesekan pada persendian dan berfungsi sebagai peredam kejut.

Osteoartritis biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan dan sendi. Kerusakan ini kemudian akan berkembang seiring berjalannya waktu. Kerusakan ini pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya gesekan langsung antar tulang, yang dalam jangka panjang akan akan merusak dan menyebabkan peradangan pada sendi.

Usia adalah faktor paling umum yang menjadi penyebab osteoartritis. Tapi selain itu, masih ada penyebab lain yang membuat seseorang terkena osteoartritis. Berikut beberapa penyebab osteoartritis beserta bagaimana cara pencegahannya yang kami rangkum dari webmd.com.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena osteoartritis. Penyebab osteoartritis bisa meliputi:

Keturunan

Penyebab osteoartritis yang pertama karena keturunan. Beberapa orang memiliki cacat bawaan pada salah satu gen yang bertanggung jawab untuk membuat tulang rawan. Ini membuat tulang rawan menjadi rusak, sehingga menyebabkan kerusakan sendi yang lebih cepat.

Orang yang lahir dengan kelainan sendi lebih mungkin mengalami osteoartritis dan mereka yang lahir dengan kelainan tulang belakang (seperti skoliosis atau tulang belakang yang melengkung) lebih rentan untuk mengalami osteoartritis tulang belakang.

Obesitas

Penyebab osteoartritis yang kedua adalah obesitas. Obesitas meningkatkan risiko osteoartritis pada lutut, pinggul, dan tulang belakang. Mempertahankan berat badan ideal atau menurunkan berat badan berlebih dapat membantu mencegah osteoartritis di area ini. Cara ini juga dapat menurunkan laju perkembangan jika osteoartritis sudah mulai terbentuk.

Cedera

Penyebab osteoartritis yang ketiga adalah cedera. Cedera berkontribusi pada perkembangan osteoartritis. Misalnya, atlet yang memiliki cedera terkait lutut mungkin berisiko lebih tinggi terkena osteoartritis lutut.

Selain itu, orang yang mengalami cedera punggung yang parah mungkin cenderung mengalami osteoartritis tulang belakang. Orang yang pernah mengalami patah tulang di dekat sendi cenderung mengalami osteoartritis pada sendi tersebut.

Penggunaan Sendi

Penyebab osteoartritis yang keempat karena penggunaan sendi yang berlebihan. Penggunaan sendi tertentu secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena osteoartritis. Misalnya, orang-orang dalam pekerjaan yang perlu menekuk lutut berulang kali berisiko lebih tinggi untuk terkena osteoartritis pada lutut.

Penyakit Lainnya

Orang dengan rheumatoid arthritis, yaitu jenis arthritis paling umum kedua, lebih mungkin untuk mengembangkan osteoartritis. Selain itu, kondisi langka tertentu, seperti kelebihan zat besi atau kelebihan hormon pertumbuhan, juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena osteoartritis.

Cara Mencegah Osteoartritis

Osteoartritis tidak bisa dicegah. Namun, Anda dapat meminimalkan risiko terkena kondisi tersebut dengan menghindari cedera dan menjalani gaya hidup sehat.

Olahraga

Hindari olahraga yang membebani sendi Anda dan memaksanya menanggung beban berlebihan, seperti lari dan latihan beban. Sebagai gantinya, cobalah olahraga seperti berenang dan bersepeda, di mana ketegangan pada persendian Anda lebih terkontrol.

Cobalah melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang (seperti bersepeda atau jalan cepat) setiap minggu, ditambah latihan kekuatan selama 2 hari atau lebih setiap minggu yang melatih kelompok otot utama, yang juga untuk menjaga kesehatan Anda secara umum.

Postur

Cara meminimalkan risiko penyakit ini juga dapat dibantu dengan mempertahankan postur tubuh yang baik setiap melakukan aktivitas dan menghindari untuk tetap berada di posisi yang sama terlalu lama.

Jika Anda bekerja di meja, pastikan kursi Anda memiliki ketinggian yang benar, dan istirahatlah secara teratur dengan bergerak.

Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan ketegangan pada persendian Anda dan risiko terkena osteoartritis. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan peluang Anda terkena kondisi tersebut.(yaya)