19/04/2024 23:03
NASIONAL

Menlu AS Mike Pompeo Tiba Indonesia, Ini Agendanya!

Menlu AS Mike Pompeo. Antara

fokusmedan : Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo tiba di Jakarta pada Kamis (29/10/2020) dini hari. Kedatangan Pompeo ke Indonesia dalam rangka kunjungan kerjanya ke sejumlah negara di Asia.

Melalui akun Twitter resminya yang telah terverifikasi, Pompeo mengabarkan bahwa dirinya telah tiba di Jakarta.

“Glad to be back in Jakarta! Looking forward to meeting with President @ jokowi and Foreign Minister @Menlu_RI to discuss our shared vision of a free and open #IndoPacific and my speech to @nahdlatululama on the shared values that underpin regional peace and prosperity,” demikian tulis Pompeo.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi sebelumnya menyatakan, ada dua agenda yang akan dilakukan Pompeo selama berada di Tanah Air.

“Selain melakukan pertemuan bilateral dengan saya, Menlu Pompeo juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Anshor mengenai dialog agama dan peradaban,” kata Retno melalui telekonferensi mengutip Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Retno menambahkan, Amerika merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia ingin terus membangun kemitraan kokoh yang saling menguntungkan dan menghormati dengan AS.

“Komitmen kuat peningkatan kemitraan ini tercermin dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara, bahkan di masa pandemi,” ujar dia.

Untuk diketahui, sebelum ke Indonesia, Pompeo terlebih dulu ke India untuk melakukan dialog tingkat menteri 2 + 2 tahunan AS Indoa yang ketiga. Dialog itu dilaksanakan dengan Menteri Pertahanan AS Mark T Esper.

Setelah dari India, Pompeo berkunjung ke Kolombo, Sri Lanka, dan Male, Maladewa untuk membahas kerjasama AS dengan kedua negara tersebut.(ng)