Pengibaran 1000 Bendera Merah Putih di Hari Sumpah Pemuda, Merawat Perbedaan

fokusmedan : Sebanyak 1000 bendera merah putih dikibarkan di kawasan Wisata Watu Gendong, Pedukuhan Tungkluk, Kalurahan Beji, Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (28/10/2020)

Pengibaran bendera merah putih ini untuk terus mengajak menjaga keberagaman di  Pedukuhan Tungkluk.

Ketua Pengelola Desa Wisata Beji Rahmat Purwohartono menyampaikan, pengibaran 1000 bendera ini merupakan simbol inovasi pemuda untuk membangun wilayahnya.

Selain itu, memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh pada Rabu (28/10/2020), agar selalu ingat terkait makna Sumpah Pemuda yakni jiwa solidaritas tetap dijaga meski di Kalurahan Beji terdiri dari berbagai latar belakang sosial dan agama.

“Kegiatan ini untuk mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan meski berbeda suku dan agama hingga latar belakang sosial masyarakatnya,” kata Rahmat di sela kegiatan, Rabu.

Kegiatan ini didukung oleh masyarakat sekitar, salah satunya dengan meminjam seluruh bendera yang dimiliki oleh masyarakat.

Oleh pemuda setempat, bendera itu dipasang pada tiang bambu dan ditancapkan di sekitar kawasan wisata Watu Gendong yang belum lama dibuka untuk umum.

Setelah ada tarian, flash mob, lalu pembacaan ikrar Sumpah Pemuda.

Selain pengibaran bendera, kegiatan ini diisi dengan pameran potensi lokal.

Adapun potensi lokal yang dimaksud Rahmat berupa berbagai jenis makanan tradisional hingga produk-produk kerajinan tangan buatan warga.

Atraksi seni berupa tari-tarian pun turut mewarnai acara tersebut. Acara pengibaran bendera ini menjadi salah satu upaya mengenalkan Watu Gendong sebagai destinasi wisata di Gunungkidul. Apalagi Desa Wisata Beji belum lama terbentuk.

“Kami berharap wisata Watu Gendong ini tetap eksis ke depan demi membantu perekonomian warga sekitar,” kata Rahmat.

Salah seorang warga, Wirasmi mengatakan dirinya bangga terlibat dalam pengibaran 1000 bendera. Sejak beberapa hari kemarin, dirinya ikut latihan tari dan flash mob untuk acara ini.

“Senang bisa terlibat dalam kegiatan ini,” kata dia.(yaya)