25/04/2024 5:25
Uncategorized

Poltekpar Medan Gelar Wisuda Virtual bagi 460 Lulusan

Poltekpar Medan gelar wisuda secara virtual. Ist

 

fokusmedan : Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan melantik 460 wisudawan secara virtual, Selasa (27/10/2020) secara virtual. Kegiatan ini merupakan kegiatan akademik wajib yang dilaksanakan setiap tahun.

Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip mengatakan, merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Poltekpar Medan bisa melayani putra dan putri generasi penerus bangsa terutama dalam pengembangan pariwisata di Indonesia.

“Di saat ini kita sedang dilanda pandemi Covid-19 yang memberikan dampak besar terhadap dunia pariwisata dan pendidikan. Tetapi hal ini bukan berarti peluang terhenti ataupun hilang akan tetapi menjadi tantangan besar untuk kembali bangkit bersama dan tangguh,” kata Anwari Masatip.

Menurutnya, wisuda tahun ini adalah moment yang bersejarah, di mana dilaksanakan secara virtual. Dengan usaha yang tidak mudah bagi para orang tua/wali, dosen serta tenaga pendidik harus tetap mampu mengantarkan putra-putri kebanggan kita menuju tahap awal masa depannya.

Sebanyak 460 orang mahasiswa dan mahasiswi yang diwisuda secara virtual terdiri dari 37 orang lulusan Diploma IV dan 423 orang lulusan Diploma III. Wisudawan terbaik Tahun 2020 adalah Mentari Pratiwi dengan IPK 3.88 (Predikat : Terpuji) dari Program Studi Manajemen Tata Boga (MTB), Anak dari Bapak Sugeng.

Mahasiswa terbaik sebanyak 7 orang dari prodi di undang untuk hadir langsung di venue dan dilantik langsung oleh Direktur. Sedangkan dua mahasiswa dikirim ke Jakarta dilantik langsung oleh Menteri Pariwisata dan Wakil Menteri Pariwisata.

Sebelum acara Wisuda di Poltekpar Medan, seluruh Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan wisuda virtual bersama yang dipimpin oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio yang dilakukan secara virtual.

Perwakilan mahasiswa terbaik setiap PTNP dilantik secara langsung di Balairung, Gedung Sapta Pesona. Seluruh kegiatan yang di lakukan dengan tatap muka dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Tahun ini merupakan tahun yang luar biasa karena Poltekpar Medan telah membuka Program Pascasarjana (S2) Terapan dengan program studi Magister Terapan Perencanaan Dan Pengembangan Pariwisata dan Program Diploma IV dengan program studi Destinasi Pariwisata.

Selain itu Poltekpar Medan juga telah menyelesaikan penulisan 23 Buku Vokasi pariwisata dan perhotelan yang diharapkan dapat bermanfaat untuk pengembangan kualitas pendidikan khususnya di bidang pariwisata dan perhotelan.

Kurikulum pendidikan dirumuskan berdasarkan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan MRA TP ASEAN (Mutual Recognition Arrengment on Tourism Professionals ASEAN). Serta capaian pembelajaran juga sudah diselaraskan dengan dengan Global Code of Etic of Tourism by UNWTO.

Sertifikasi dalam bidang pariwisata juga terus dilaksanakan untuk mendukung para  mahasiswa untuk masuk kedalam dunia kerja melalui Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Poltekpar Medan.(ng)