Libur Panjang, Layanan RS Adam Malik dan RS Pirngadi Diberlakukan 1 Pintu

Ilustrasi pelayanan di rumah sakit. foto okezone

fokusmedan : Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan akan memberlakukan layanan 1 pintu di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dalam menghadapi libur panjang, mulai Rabu (28/10/2020) hingga Jumat (30/10/2020).

Direktur RSUD dr Pirngadi Medan, dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD FINASIM mengatakan, pada hari libur tersebut, rumah sakit memang sudah memiliki prosedur tetap (protap) terkait pelayanan medis yang dilakukan. Sehingga, pasien-pasien yang datang akan dilayani terpusat di IGD.

“Namun pasien rawat inap tetap akan dirawat seperti biasa. Jadwal dokter yang bertugas pun sudah kita atur,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Dia menjelaskan, selain dokter umum, setiap harinya, 5 dokter spesialis akan tetap siaga di IGD, terdiri dari spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis bedah serta dokter spesialis anastesi.

“Selain dokter-dokter yang siaga, semua dokter juga siap jika dilakukan on call (dihubungi) untuk antisipasi kasus darurat, seperti kecelakaan yang perlu penanganan cepat,” jelasnya.

Sedangkan untuk pasien-pasien penyakit kronis seperti diabetes yang membutuhkan obat harian, Suryadi menambahkan, pasokan obatnya akan ditambah hingga operasional poliklinik rawat jalan kembali beroperasi. Di samping itu, jadwal operasi pun sudah diatur.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) mengatakan, pelayanan poliklinik tutup selama libur dan cuti bersama. Akan tetapi dia menyebutkan, bagi pasien yang hanya mengambil obat penyakit kronis, rumah sakit tetap membuka poliklinik di lantai I.

“Sehingga obat pasien tidak terputus dan tetap dilayani,” Sebutnya.

Sedangkan untuk layanan IGD, terang Zainal, pada masa libur ini selain melayani pasien emergensi juga melayani pasien ODC kemoterapi. Selain itu jadwal jaga dokter umum sudah ditetapkan, begitu juga dengan jadwal jaga spesialis on site di IGD 24 jam tetap ada sesuai yang sudah disusun oleh SMF masing-masing.

“Visite pasien tetap selama cuti bersama begitu juga dengan ruangan Hemodialisa. Untuk operasi elektif tidak ada, yang dilakukan hanya operasi emergensi saja,” pungkasnya.(riz)