Erick Thohir: 2022 Tak Lagi Beli Vaksin Impor

fokusnedan : Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan pada tahun 2022 mendatang vaksin Merah Putih dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia agar tidak tergantung dengan vaksin yang diimpor oleh luar negeri.

Erick Thohir mengatakan, saat ini ada Bio Farma yang berstandar internasional sehingga bisa dipertanggung jawabkan.

“Biofarma sendiri sudah memproduksi 15 macam vaksin dengan jumlah 2 M dan sudah mendistribusikan vaksin ke 150 negara, untuk Covid kita masih belajar. Untuk itu kita sedang mencari solusi Merah Putih ke depan,” kata Erick dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Pemda DIY, Selasa (27/10/2020).

Menurut Erick, pengembangan vaksin Merah putih sangatlah penting agar tidak jadi kebiasaan menggunakan vaksin dari luar negeri alias vaksin impor.

“Penggunaan vaksin impor tidak boleh menjadi kebiasaan. Kita harus mengadakan vaksin Merah Putih sendiri agar pada tahun 2022 tidak beli lagi vaksin impor tetapi sudah bisa dilakukan sendiri,” katanya.

Produksi vaksin secara mandiri juga didukung oleh Presiden RI Joko Widodo untuk memastikan vaksin Merah Putih untuk hadir bagi masyarakat Indonesia.

Lanjut Erick, untuk kehalalan vaksin, pihak MUI telah terbang ke berbagai negara untuk mendapatkan kepastian terkait kehalalan.

“Untuk isu halal dan haram, kita sejak awal melibatkan MUI dalam proses uji vaksin di Bandung. Bahkan kita mengirimkan perwakilan MUI ke China dan bahkan negara lainnya,” kata Erick.

Selain soal kehalalan vaksin, hal lain yang menjadi prioritas Erick adalah distribusi vaksin.

Meskipun Indonesia memesan vaksin sebanyak mungkin, tetapi vaksin tetap tidak akan datang secara bersamaan.(yaya)