PSMTI Kota Medan Dipercaya Pemerintah Salurkan Bantuan Kemenpora ke Masyarakat

Penyerahan bantuan dari Kemenpora ke PSMTI Medan. Ist

 

fokusmedan : Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Medan dipercaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menerima bantuan pencegahan Covid-19. Kemudian, PSMTI Medan menyalurkan bantuan tersebut ke masyarakat.

Bantuan diserahkan oleh anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan dan diterima Ketua PSMTI Kota Medan Johan Tjongiran didampingi Sekretaris PSMTI Sumut Kunjung dan anggota DPRD Sumut Rudy Hermanto di sekretariat PSMTI Jalan Pembangunan No 6 Medan, Sabtu (17/10/2020).

Anggota Fraksi PDIP dr Sofyan Tan mengatakan, PSMTI secara administrasi sudah memenuhi persyaratan seperti akta pendirian, terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dan Kesbanglinmas, memiliki NPWP serta persyaratan lainnya. Tidak semua ormas yang telah memiliki persyaratan administrasi lengkap mendapat kepercayaan untuk menerima bantuan.

“PSMTI sebelum menerima bantuan diteliti terlebih dahulu. Ternyata meski ormas ini merupakan perkumpulan marga Tionghoa namun kiprah dan aksinya untuk semua kalangan tanpa memandang, suku, agama dan ras,” katanya melalui siaran tertulis, Senin (26/10/2020).

Kemudian lanjutnya, para pengurusnya bekerja secara sungguh-sungguh dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

“Seperti Johan Tjongiran ini tidak banyak bicara namun banyak bekerja. Maka ketika saya usulkan langsung ditanggapi secara positif oleh Kemenpora,” ungkapnya.

Selain itu diungkapkan, pihaknya sedang memperjuangkan usulan beasiswa PSMTI untuk anak yang tidak mampu. “Mudah-mudahan usul beasiswa untuk 50-70 anak bisa diterima,” ujarnya.

Foto bersama usai penyerahan bantuan Covid-19. Ist

Sofyan Tan juga menyebutkan, bahwa pandemi Covid-19 telah menghancurkan semua sendi-sendi kehidupan. Hanya yang mampu beradaptasi, bisa bertahan.

Sebelumnya, Johan Tjongiran mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Bantuan berupa tempat cuci tangan, masker, sabun, hand sanitizer, spanduk, sitker dan tas tersebut akan disalurkan kepada masyarakat melalui PSMTI kecamatan.

Sementara Kunjung menjelaskan, dahulu orang tidak mau bahkan takut bergabung di PSMTI. “Pak Sofyan Tan inilah yang membawa PSMTI keluar untuk berbaur dengan masyarakat sekitarnya. Jadi keberadaan PSMTI saat ini tidak terlepas dari Sofyan Tan,” ujarnya.

Sedangkan Rudy Hermanto yang juga penasihat PSMTI mengucapkan terima kasih kepada Sofyan Tan. Menurutnya tidak mudah membawa bantuan pusat ke daerah. “Tidak mudah membawa bantuan pusat ke daerah seperti yang dilakukan Sofyan Tan,” pungkasnya.(ng/ril)