Kompetisi Virtual Yantek PLN Sumut Tingkatkan Ketrampilan Pegawai

Penilaian kompetisi virtual Yantek 2020. Ist

fokusmedan : Tingkatkan keandalan jaringan, PLN terus melakukan upskilling petugas pelayanan. Dalam memeriahkan Hari Listrik Nasional ke-75 dan meningkatkan keterampilan petugas, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) menggelar Kompetisi Virtual Layanan Teknik (Yantek) selama dua hari, Rabu-Kamis (22-23/10/2020) melalui zoom.

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, kompetisi ini tetap diselenggarakan namun dengan format vitual sesuai prosedur Kesehatan.

Kompetisi bertema “Untuk Peningkatan Keandalan Jaringan Distribusi Bersama Insan Milenial Ber-Akhlak Menuju Sumut Hebat” tersebut diikuti oleh 195 orang Pegawai PLN dan 60 Petugas Yantek dari 12 UP3 dan 1 UP2K di kampus Yantek masing-masing unit.

Kompetisi terdiri dari 4 kategori yakni, pembongkaran dan pemasangan kontruksi penggantian suspension isolator, penggantian Fuse Cut Out (FCO) dan Lightning Arrester serta pemasangan kWH Meter Pelanggan 3 Phasa pengukuran tidak langsung.

Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumatera Utara, Taufik Hidayat mengatakan, kompetisi ini merupakan agenda rutin dalam rangka meningkatkan keterampilan petugas Teknik sekaligus memberikan apresiasi.

“Kompetisi ini merupakan agenda rutin tahunan, namun pada tahun ini agak berbeda karena diselenggarakan secara virtual,” katanya, Kamis (22/10/2020).

General Manager PLN UIW Sumatera Utara M Irwansyah Putra menyampaikan, filosofi dari kompetisi ini adalah mengenai keselamatan, keefektifan, kesesuaian dengan prosedur dan teamwork.

“Jadi apapun media pertandingannya, berkumpul langsung ataupun virtual, tidak boleh mengurangi esensi atas filosofi tersebut,” ungkapnya.

Irwansyah mengingatkan, seluruh peserta kompetisi tersebut akan pentingnya keselamatan kerja.

“Keselamatan kerja selalu menjadi prioritas atas seluruh pekerjaan kita terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Risiko selalu mengintai, sekali terjadi kecelakaan, puluhan tahun pengalaman itu tidak akan berguna,” pungkasnya.(ng)