Didukung Sentimen Eksternal, IHSG dan Rupiah Menguat

fokusmedan : Sempat ditutup melemah di bawah level 5.100, IHSG dibuka menguat di level 5.116,79. Dan sejauh ini masih mampu bertahan dengan menuju level resisten paling dekat di kisaran level 5.130-an.

Sementara itu, mata uang rupiah diperdagangkan di level 14.645 dan sempat dibuka menguat di kisaran level 14.635 per US Dolar.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, pembicaraan stimulus yang berlanjut di AS menjadi salah satu katalis penguatan kinerja pasar keuangan global. IHSG dan Rupiah pun mengalami penguatan.

“Pasar kembali optimis bahwa pembicaraan stimulus ini akan menjadi langkah positif yang akan mempengaruhi pasar keuangan nantinya,” katanya, Rabu (21/10/2020).

Sejauh ini, katanya, investor asing masih melakukan aksi beli di pasar saham yang mengakibatkan harga saham di BEI pada perdagangan hari ini mengalami kenaikan. Sementara itu, mata uang Rupiah diyakini akan tetap menguat selama pembicaraan terkait stimulus di AS.

Selebihnya pasar keuangan akan melihat tren pergerakan melakui indikator teknikal. Indikator tersebut bisa digunakan manakala tidak ada banyak sentiment yang ada di pasar keuangan yang mampu merubah pergerakan harga secara signifikan.(ng)