Guru SMK Sumut Mohon Doa Raih Prestasi di Kontes Nasional

fokusmedan : Dukungan bagi para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sumatera Utara (Sumut) dalam proses belajar mengajar secara daring untuk penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda diwujudkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda dengan menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020.

Setelah sebelumnya sukses menyeleksi para guru secara bertahap dari tingkat sekolah pada bulan Agustus, tingkat regional pada bulan September 2020, maka kontes yang telah memasuki babak akhir di tingkat nasional ini masih dimanfaatkan Honda untuk mengiringi perjuangan guru terbaik Suryaman Amipriono, S.Pd yang berasal dari SMK Negeri 2 Binjai untuk menunjukkan kemampuan mengajarnya secara daring.

Melalui aplikasi Zoom Meeting, pembuatan video yang berlangsung pada 15 Oktober 2020 di SMK Negeri 2 Binjai tersebut menampilkan kualitas mengajar Suryaman Amipriono, S. Pd ketika memberikan pelajaran pada anak didiknya melalui sajian materi terkait PGM FI (MIL-Malfuncton Indikator Lamp), dan wiring diagram meliputi sistem pengisisan, dan sistem pengapian CDI AC.

Hingga saat ini, semangat Suryaman Amipriono, S.Pd juga terus berkobar menantikan hasil dari proses penilaian melibatkan tim juri yang terdiri dari para profresional trainer, tim technical PT. AHM, dan tim dari Learning Center AHM yang akan diumumkan pada 26 Oktober 2020 mendatang.

Suryaman Amipriono, S.PD mengungkapkan sangat bersyukur terpilih menjadi guru terbaik hingga berkesempatan unjuk gigi di ajang Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 tingkat nasional. Baginya anugerah ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan membanggakan.

“Pastinya upaya terbaik telah saya lakukan, dan saya mohon doa dari semuanya agar saya dapat berhasil meraih prestasi dan berkontribusi mengharumkan nama Sumatera Utara di ajang nasional, “ ujarnya.

Pembelajaran secara daring menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan siswa saat ini. Dimana para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan yang cukup besar.

Tentunya sejumlah hal tersebut akan menjadi beberapa poin penilaian yang diperhatikan dalam Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020.

Kontes ini juga dilakukan secara daring dan dapat diikuti para guru dari sekolah maupun rumah masing-masing. Selain itu, peserta kontes juga merupakan guru produktif di SMK yang mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan sudah pernah mengikuti Pelatihan Guru Modul Dasar.

Gideon Budiharjo, Marketing Director PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 merupakan salah satu uapaya Honda untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas guru yang menjadi ujung tombak proses belajar-mengajar agar semakin adaptif dengan situasi dan perkembangan teknologi.

“ Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 ini bermuara untuk mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring, “ ujar Gideon Budiharjo.(ril)