Bursa Global Berguguran, IHSG di Zona Merah

fokusmedan : Bursa global pada perdagangan hari ini, kompak melemah. Kinerja IHSG pun terpaksa dibuka melemah atau turun di level 5.120,91 dan masih dalam rentang pelemahan yang tidak jauh berbeda dengan rata-rata pelemahan bursa di Asia.

“Sekalipun melemah, IHSG diperkirakan masih akan berkonsolidasi dikisaran 5.100, seandainya tekanan berlanjut nantinya hingga sesi penutupan perdagangan,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah diperdagangkan menguat di level 14.693 per US Dolar, setelah sempat menguat dikisaran level 14.672 per US Dolar di menit menit awal pembukaan. Dari sejumlah sentimen yang berkembang di pasar, China merilis data pertumbuhan ekonomi yang cukup baik ditengah banyaknya negara yang masuk dalam jurang resesi.

Sementara itu, kata dia, sentimen dari dalam negeri, Menkeu Sri Mulyani memastikan bahwa ekonomi Indonesia masuk dalam resesi. Seiring perhitungan Menkeu yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia akan masuk dalam skenario terburuk minus 2,9%.

Ia menambahkan, gambaran ekonomi di pekan ini masih akanĀ  menunggu kabar terbaru dari Bank Sentral AS. Jika ada ekspektasi terkait pemulihan ataupun kebijakan moneter longgar maka besar kemungkinan Rupiah akan bergerak dalam teritori positif.(ng)