19/04/2024 12:30
FOKUS MEDAN

Tim Satgas Protokol Covid-19 Masih Temui Pelanggaran Prokes

Tim melakukan penindakan protokol kesehatan. Ist

fokusmedan : Personel Brimob Polda Sumut bersama tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumut melakukan tindakan penegakan disiplin kepatuhan masyarakat mengikuti protokol kesehatan, Minggu (18/10/2020) dini hari.

Langkah ini dilakukan, berdasarkan Surat Kapolda Sumaut Nomor: B/8866/X/OPS.1.3./2020 tanggal 16 Oktober 2020,. Di mana, sebanyak 1 SSR personel Brimob Polda Sumut dipimpin Aiptu Zulkarnaen bergabung bersama tim Satgas Covid -19 Sumut meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

Sebelumnya, personel Sat Brimob Polda Sumut melaksanakan apel gabungan di Kediaman Gubernur Sumut di Jalan Jenderal Sudirman, dipimpin Kolonel Inf A Mulyadi. Apel ini melibatkan lersonel gabungan TNI-POLRI, Satpol PP, serta personil gabungan ASN yang terlibat dalam Satgas Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, personel gabungan melakukan sidak dan inspeksi ke tempat keramaian yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Antara lain lokasi Durian Sibolang di Jalan Iskandar muda , Deparis Hotel, Super Hotel dan Sibayak Hotel Nibung Raya.

Kemudian, Holywings Livemusic di Jalan Sudirman, Angkringan Kesawan Square Jalan Ahmad Yani, Capital Building Jalan Putri Hijau dan Crypton Jalan Iskandar Muda.

Melalui Humas Sat Brimob Polda Sumut Brigadir Rizki SN mengatakan, personel gabungan Satgas Covid-19 melakukan pengecekan ke tempat lokasi keramaian dan hiburan di kota Medan sembari memberikan himbauan kepada masyarakat pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Namun dia menyebutkan, dari hasil pantauan di lokasi, masih ada beberapa masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan psychal distancing (jaga jarak).

Karenanya, sambung dia, akibat pelanggaran tersebut, tindakan disiplin pun diberikan oleh petugas. Para pelanggar diberikan hukuman berupa push up dan dilakukan pendataan serta diberikan himbauan.

“Harapannya, melalui kegiatan ini bisa mengurangi angka penyebaran Covid-19 di Kota Medan. Karena dimulai dari diri sendiri dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan merupakan benteng awal dalam pencegahan Covid-19,” tandasnya.(riz)