Stimulus Diragukan, Rupiah Menguat dan IHSG Melemah

fokusmedan : Kinerja IHSG di sesi pembukaan perdagangan hari ini melemah tipis di level 5.172,59 meski masih mampu berbalik ke zona hijau.

Di sisi lain mata uang Rupiah justru mampu dibuka menguat, bahkan sempat diperdagangkan di level 14.685 per US Dolar. Rupiah sendiri bergerak diarea 14.700 masih mampu lebih baik dibandingkan dengan kinerja penutupan perdagangan sebelumnya.

Untuk kinerja indeks saham, bursa di AS yang melemah turut menjadi pemicu memburuknya kinerja indeks saham di Asia hari ini. Pelaku pasar kembali dibuat kecewa setelah menteri keuangan AS menyatakan bahwa kesepakatan stimulus sulit untuk diwujudkan setidaknya hingga Pilpres November mendatang.

“Rupiah berpotensi akan menguat seiring dengan rilis data BPS terkait dengan neraca perdagangan Indonesia. Data neraca dagang Indonesia diperkirakan masih akan surplus. Meski demikian, rilis data tersebut tetap memiliki dua sisi yang berbeda,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Kamis (15/10/2020).

Di satu sisi, lanjutnya, data tersebut baik buat pengendalian mata uang Rupiah. Di sisi lain, surplus menunjukan bahwa aktifitas ekonomi domestik masih melemah yang bisa mengindikasikan bahwa Indonesia dalam tekanan ekonomi yang masih terus berlangsung.(ng)