Seorang Pemuda Tewas Tenggelam di Danau Toba

Tim SAR melakukan pencarian. Ist

fokusmedan : Seorang pemuda bernama Bornok Pandapotan Lumbantoruan (21) warga Dusun 2 Janji Nahata Desa Tipang Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan tewas tenggelam di Danau Toba, Rabu (14/10/2020) kemarin sore.

“Kejadian membahayakan manusia ini terjadi pada Rabu (14/10) sore sekitar pukul 16.30 WIB,” kata Kepala kantor SAR Medan, Toto Mulyono, Kamis (15/10).

Peristiwa itu bermula saat Bornok memberi makan ikan di keramba. Saat pulang, pemuda ini dilaporkan terpeleset dari solu atau sampan tradisional dan jatuh ke Danau Toba. Dia diduga tidak bisa berenang sehingga tenggelam ke dasar danau.

“Kejadian ini kemudian diteruskan aparat setempat kepada personel siaga Pos SAR Parapat, Danau Toba. Mereka langsung berangkat ke lokasi dan baru tiba Kamis (15/10) sekitar pukul 02.00 WIB dan langsung bergabung dengan aparat setempat dan masyarakat,” ujar Toto.

Tim SAR yang tiba di lokasi pun melakukan pencarian dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. “Kita upayakan melakukan penyelaman dengan menurunkan 2 penyelam,” terang Toto.

Sekitar 10 menit penyelaman, korban akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada kedalaman sekitar 18 sampai 20 meter, kemudian tim langsung mengevakuasi korban.

“Korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan, selanjutnya dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup,” pungkasnya.

(Rio)