Cabai Merah di Medan Semakin “Pedas”, Rp42 Ribu Per Kilogram

fokusmedan : Harga sejumlah komoditas di pasar tradisional Kota Medan terus bergerak naik di bulan Oktober ini. Kenaikan signifikan terjadi pada cabai merah, cabai rawit ataupun cabai hijau.

Pantauan di lapangan, Kamis (15/10/2020), harga cabai merah mencapai Rp42.000 per kg, biasanya harga normal hanya Rp 25.000 per kg. Begitu juga dengan cabai rawit, Rp30-35.000 per kg dan cabai hijau Rp30.000 per kg.

“Harga cabai mulai naik itu udah sejak awal bulan ini. Kenaikan ini dipicu karena cuaca dengan curah hujan tinggi hampir setiap hari,” kata seorang pedagang di Pusat Pasar, Syamsudin.

Ia menambahkan, bisa saja harga cabai capai Rp50.000 per kg karena masih musim hujan. Para petani cabai terkendala saat memanennya atau bahkan tanaman bisa busuk dan gagal panen karena terendam banjir.

“Ya semoga itu tidak terjadi. Kalau harga mahal, pastinya kita juga yang sulit menjualnya, apalagi sekarang daya beli masyarakat berkurang karena pandemi corona,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Baharuddin mengatakan kenaikan harga komoditas khususnya cabai ini masih terbilang wajar.

“Kenaikan ini masih terbilang wajar ya. Begitupun kami dari dinas juga terus melakukan pemantauan untuk memastikan harga bisa terus stabil. Kita berharap jangan sampai terjadi lonjakan harga,” ungkapnya.

Salah satu faktor kenaikan beberapa komoditas ini juga lantaran cuaca yang tidak mendukung. Intensitas curah hujan  sangat tinggi belakangan ini.

“Kalau hujan terus, petani ya enggak bisa panen, busuk juga bawang atau cabai yang ditanamnya. Makanya kalau busuk imbas pada harga yang malah bisa jadi naik lagi,” tandasnya.(ng)