D-III Kesekretariatan FEB USU-PERHUMAS Medan Gelar Webinar Publik Speaking

D-III Kesekretariatan FEB USU menggelar Webinar dengan PERHUMAS Medan. Ist

fokusmedan : Program Studi D-III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (FEB USU) menggelar webinar dengan PERHUMAS Medan via aplikasi zoom, Selasa (13/10/2020) kemarin.

Ketua BPC PERHUMAS Medan, Saurma MGP Siahaan, M.IKom, MIPR yang menjadi Keynote Speaker pada kegiatan “Webinar Public Speaking Untuk Pengembangan Karir” menyampaikan bahwa kemampuan Public Speaking atau Oral Communication Skill merupakan keahlian utama dalam dunia kerja. Sebagaimana hasil riset yang dilakukan The National Association of Colleges and Employes USA.

Sehingga, menjadi penting untuk mengasah kemampuan Public Speaking bagi setiap orang dengan berlatih, berlatih dan berlatih.

“Hal yang utama dalam Public Speaking adalah menguasai materi atau pesan yang akan disampaikan, menyadari tujuan dari public speaking dan memberi pengaruh bagi audience sesuai dengan tujuan dari public speaking serta tampil penuh percaya diri. Lakukanlah public speaking ala Anda karena setiap orang memiliki kekhasan tersendiri,” seru Saurma kepada 300 peserta dari kalangan Dosen, Mahasiswa, Alumni, Praktisi dan peminat public speaking yang mengikuti webinar tersebut.

Saurma bahkan menegaskan apa yang disampaikan Fernando YL bahwa public speaking itu seperti seseorang yang akan naik pesawat, di awali dengan take off, diikuti dengan fly dan diakhiri dengan landing. Setiap bagian ini memiliki tugas dan fungsi khusus.

“Pada take off sudah pasti sebagaimana pembukaan maka kita harus memberi salam, merebut perhatian, menyampaikan maksud dan berkomitmen. Lalu saat fly menyampaikan materi atau pesan secara maksimal dan saat landing kembali merebut perhatian, membuat kesimpulan, menghargai pendengar, mendoakan dan salam,” papar Saurma.

Sebelumnya, usai membuka secara resmi kegiatan webinar, Ketua Program Studi DIII Kesekretariatan FEB USU Dra Marhayanie, M.Si menyampaikan tujuh elemen public speaking yaitu pembicara, pesan, saluran, pendengar, respon, gangguan dan situasi.

Juga dikemukakan Marhayanie lima karakteristik untuk suskses dalam public speaking yakni percaya diri, passion, intropeksi dan kesadaran diri, menjadi diri sendiri dan membuat keterikatan dengan audiens.

Turut memberikan materi staf senior BPJS Ketenagakerjaan yang juga alumni Prodi DIII Kesekretariatan FEB USU, Marisa Lubis, SE, MM dengan moderator Sekretaris Prodi Inneke Qamariah, SE, M.Si dan pembawa acara Dr Tetty Yuliaty, SE, M,Si.

Peserta terlihat antusias dengan jumlah pendaftar mencapai 600 peserta meski yang dapat mengikuti hanya 300 peserta. Berbagai pertanyaan yang disampaikan peserta dijawab pembicara dengan baik, sebelum webinar ditutup. (ril)