Diwarnai Demo UU Cipta Kerja, IHSG Menguat dan Rupiah Stabil

fokusmedan : Kinerja IHSG pada penutupan perdagangan hari ini menguat ditutup naik 0,7% di level 5.039,14. Selama sesi perdagangan IHSG mampu bertahan di atas level penutupan sebelumnya.

“Kinerja IHSG tidak begitu banyak dipengaruhi oleh aksi demonstrasi yang berlangsung pada hari ini. Aksi demo yang dikabarkan berjalan ricuh di beberapa titik tidak lantas membuat IHSG tertekan,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Kamis (8/10/2020).

Sementara itu, mata uang Rupiah yang sempat bolak balik di dua zona. Pada akhirnya ditutup tidak berubah dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya.

Rupiah ditutup stabil 14.710 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah stabil dan tidak begitu terpengaruh aksi demonstrasi.

Dikatakannya, pelaku pasar justru menanti bagaimana kesekapatan stimulus yang akan disepekatai pemerintah AS. Sejauh ini sikap Presiden AS memang melunak, hanya saja pelaku pasar juga masih menanti bagaimana realisasi sikap yang dilakukan nantinya.

Sementara itu, Bank Sentral AS atau The FED juga berencana untuk memberikan stimulus dalam kerangkan kebijakan moneternya.

“Namun, saya melihat ini sebagai kemungkinan di mana adanya potensi penguatan mata uang Rupiah karena US Dolar cenderung melemah,” ujarnya.

Secara teknikal, IHSG masih akan mondar-mandir di level psikologis 5.000. Sulit bagi IHSG untuk melanjutkan kenaikan sementara sentiment ekstenal belum menunjukan pemulihan.

Sementara untuk tekanan IHSG, juga terbilang sangat minim. Jadi sentiment teknikal IHSG berada di level saat ini sementara akan  membuat IHSG tidak akan beranjak jauh dalam jangka pendek.(ng)